MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNISMUH MAKASSAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING SETTING KOOPERATIF PADA MATA KULIAH TRIGONOMETRI

Authors

  • Ilhamuddin

Keywords:

Model, Kooperatif, Penemuan, Terbimbing

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa jurusan pendidikan matematika FKIP UNISMUH dengan menggunakan metode penemuan terbimbing setting kooperatif pada mata kuliah trigonometri. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Unsmuh Makassar semseter 1 yaitu kelas B. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus melalui empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas mahasiswa, tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa banyak mahasiswa yang mencapai nilai standar yang ditetapkan adalah 17 orang atau 53,13% dengan rata-rata 61,38. Pada siklus II banyaknya mahasiswa yang mencapai nilai standar adalah 28 atau 87,5% denga rata-rata 76,34. Hasil observasi aktivitas mahasiswa menunjukkan adanya perubahan sikap mahasiswa antara lain mahasiswa semakin aktif dalam proses pembelajaran. Keberanian mahasiswa bertanya materi pelajaran yang belum dimengerti dan menjawab pertanyaan guru mengalami peningkatan dan mahasiswa percaya diri mengerjakan soal di papan tulis. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan selama proses pembelajaran metode penemuan terbimbing setting kooperatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-06-20

How to Cite

Ilhamuddin. (2014). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNISMUH MAKASSAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING SETTING KOOPERATIF PADA MATA KULIAH TRIGONOMETRI. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(1), 51–57. Retrieved from http://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/1511

Issue

Section

Articles