Peningkatan Hasil Belajar Bimtik Dengan Menggunakan Media Pocket Book Digital Berbasis Flipbook Pada Siswa Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 10 Maros

Penulis

  • Ersyanda Yunarzat Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Rahmat HR Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Nurindah Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Sufrianti Kaune SMA Negeri 10 Maros, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.1151

Kata Kunci:

Hasil belajar flipbook, BimTik, Hasil Belajar, PTK

Abstrak

Flipbook merupakan media pembelajaran yang cukup inovatif, dan menarik untuk digunakan peserta didik. Dapat menyajikan materi dalam bentuk kata, gambar, yang beraneka warna sehingga mampu menarik perhatian peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peneningkatan hasil belajar BimTIK dengan menggunakan media pembelajaran pocket book digital berbasis Flipbook pada siswa kelas XI IIS 1 SMA Negeri 10 Maros. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar. PTK adalah bagaimana guru dapat mengorganisasi kondisi praktek pembelajaran dan belajar dari pengalamannya sendiri, dapat mencobakan gagasan perbaikan dalam praktek pembelajaran mereka, dan melihat pengaruh nyata dari upaya itu. Peneliti melibatkan satu kelompok untuk menggunakan desain penelitian yang diberi pretest lebih dahulu sebelum adanya treatment, kemudian diberi posttest untuk mengetahui bahwa treatment ditentukan dengan membandingkan nilai pretest dan nilai posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 10 Maros Kecamatan Simbang Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan kelas XI IIS 1 Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 24 siswa. Dengan menggunakan fitur pretest pada siklus 1 dan posttest pada siklus 2. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka diketahui adanya Peningkatan Hasil Belajar BimTIK Dengan Menggunakan Media Pocket book digital Berbasis Flipbook Pada Siswa Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 10 Maros. Pendapat tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Setelah menghitung rata-rata hasil pretest, diketahui bahwa hasilnya adalah 63,33% dan rata-rata nilai postest adalah 80,41%, dan nilai siswa meningkat sebesar 26,97%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andarini, T., Masykuri, M., dan Sudarisman, S. 2013. Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Melalaui Media Flipchart Dan Video Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Gaya Belajar. Jurnal Bioedukasi. 6(2): 102-119.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi islam: pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, A (2), 234-442.

Hadis. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching dan Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Muhammadiyah Kalosi Kab. Enrekang. Jurnal Kependidikan Media, 1 (1):39.

Kodi, A. I., Hudha, M. N., & Ayu, H. D. (2019). Pengembangan Media Flipbook Fisika Berbasis Android Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Topik Perpindahan Kalor. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Jurnal) SNF2015, 1–8.

Masitoh, Afie. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Jurnal Belaindika: Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 4 (1):22

Mulyadi D.U., Wahyuni S., & Handayani, R. D. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296-301.

Nurseto, T. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 8(1):19-35.

Sman1geger.2016. BIMBINGAN TIK Upaya pemerintah dalam meningkatkan pendayagunaan TIK. https://sman1geger.sch.id/2016/08/12/bimbingan-tik/

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif fan R&D. Bandung: Alfabeta Susilana, R dan Riyana, C. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Wahyuliani, Y., Supriadi, & Ariawan, R. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Bandung, TARBAWY, 3(1), 22-23.

Wahyuliyani, Y., Supriadi U., Anwar S.2016. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Jurnal TARBAWY, 1(1): 69-79.

Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-25

Cara Mengutip

Yunarzat, E., HR, R., Nurindah, & Kaune, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Bimtik Dengan Menggunakan Media Pocket Book Digital Berbasis Flipbook Pada Siswa Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 10 Maros. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(4), 592–608. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.1151