Peningkatan Kemampuan Menyimak Teks Eksplanasi Melalui Media Audio Visual Kelas VIB UPTD SDN 127 Inpres Moncongloe
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.1186Kata Kunci:
Media Audio Visual, Kemampuan Menyimak, Teks EksplanasiAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keberhasilan penggunaan media audio visual dalam keterampilan menyimak dan efektifitas siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIB UPTD SDN 127 Inpres Moncongloe. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas VI B UPTD SDN 127 Inpres Moncongloe yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terbagi menjadi dua yaitu lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari pra siklus ke siklus II. Hal ini bisa dilihat dari hasil tes yang telah disajikam sudah ada peningkatan dari prasiklus ke siklus pertama. Di lihat dari persentase dari prasiklus sebesar 42,92% menjadi 63,69% di siklus pertama lalu, pad siklus II ternyata para siswa sudah menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan tingkat dibandingkan dengan persentase dari siklus I sebesar 15% sehingga peningkatannya mencapai 78,81 % sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini memberikan peningkatan terhadap keterampilan menyimak teks eksplanasi siswa.Unduhan
Referensi
Arief. S dkk. 2021. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Asmoro, Widi Siwi. 2021. Teknik Pengolahan Audio & Video. Yogyakarta: Andi Damayanti. 2021. Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 33 Lebong. Makassar: CV. Tatakata Grafika
Ega, Ritma Wati. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena. Gereda, Agustinus. 2020. Keterampilan Bahasa Indonesia. Jawa Barat: Edu Publisher
Hasriani. 2023. Terampil Menyimak. Bandung: Indonesia Emas Group
Heryana, Nono dkk. 2023. Konsep Dasar Media Pembelajaran di Era Digital. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri
Ismail, Ilyas M. 2020. Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajara. Makassar: Cendekia Publisher
Juniantoro, Shandy. 2021. Literasi Digital dalam Tantangan Pendidikan Abad 21. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management
Jalmur, Nizwardi. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Khairiah, Dina. 2022. Prosiding Seminar Nasional Prodi PGMI dan PIAUD. Yogyakarta: Samudra Biru
Katoningsih, Sri. 2021. Keterampilan Bercerita. Jawa Tengah: Muhammadiyah University Press
Kustandi, Cecep dan Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Kasmiati dkk. 2023. Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Makassar: CV. Tohar Media
Laia, Askarman. 2020. Menyimak Efektif. Jawa Tengah: Lutfi Gilang
Marlina. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit
Mustadi, Ali dkk. 2021. Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press
Mulyono. 2013. Skripsi: Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Sholat untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Sidoarjo
Nurfadhillah, Septy. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak
Ramdani, Peri. 2021. Media Pembelajaran Animasi. Sukabumi: Farha Pustaka
Suryadi, Ahmad. 2020. Teknologi dan Media Pembelajaran Jilis I. Jawa Barat: CV Jejak
Syarifuddin dan Eka Dewi Utari. 2022. Media Pembelajaran. Palembang: Bening Sadiman,
Ummyssalam. 2017. Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: CV. Budi Utama
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.