Penerapan Model Pembelajaran Berbasis TGT (Team Games Tournamen) SMA Negeri 14 Maros

Penulis

  • Reski Amalia Salam Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Rahmayanti Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Ananda Ulya Natasya Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Ananda Amalia Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Nurhikmah Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.1188

Kata Kunci:

Penerapan Model TGT, Strategi Pembelajaran kooperatif, Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

Menggunakan strategi pembelajaran kooperatif seperti TGT (team games turnamen) pada kelas XI di SMAN 14 MAROS dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Siswa sangat menyukai teknik pembelajaran ini, namun terdapat kendala antara lain guru kurang memberikan perhatian, materi pembelajaran kurang, dan sikap yang tidak baik dalam memimpin kelompok. Para peneliti telah menemukan bahwa instruktur perlu menanggapi paradigma pembelajaran ini dengan lebih matang untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan.Layanan ini diberikan atas komitmen untuk menerapkan paradigma pembelajaran berbasis TGT. Pendampingan dilakukan dengan cara kooperatif, kompetitif, dan individualistis. Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiayah Makassar dan sekolah SMAN 14 MAROS berkolaborasi dalam proyek Penguatan Profesi Guru (P2K). Proyek ini dinamakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), atau sederhananya Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan di dalam kelas dengan tujuan meningkatkan standar pengajaran. 1) Presentasi kelas merupakan langkah awal dalam mempraktekkan TGT. 2) Belajar dalam kelompok yaitu, dalam tim. 3) Hiburan (video game). Dan 4) Turnamen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

E. Susilawati, S. K. Putri and N. Syamsiyah, "Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament Pada Materi Teks Prosedur Di Kelas X Sman 6 Tangerang Selatan,"Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,vol.12, no. 2,pp. 1-13, 2022.

N. R. Suningsih, "Kooperatif Model Tgt Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia," Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, vol. 1, no. 2, pp.1-9, 2021.

M. Sukiasih, "Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dalam Menulis Puisi Pada Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt,"JIPP,vol.2,no.3,pp.1-10,2018.

Z. Muttaqin and K. , "Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Cerita Sejarah Dengan Metode Tema Games Tournamen (Tgt) Siswa Kelas Xii Ips 3 Sman 3 Selong,"SeBaSa,vol. 2,no. 2, pp. 1-11,2019.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-25

Cara Mengutip

Salam, R. A., Rahmayanti, Natasya, A. U., Amalia, A., & Nurhikmah. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis TGT (Team Games Tournamen) SMA Negeri 14 Maros. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(4), 711–720. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.1188