Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Pada Anak Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.1189Kata Kunci:
Metode Pembelajaran, Berbasis Proyek,Peningkatan , PeningkatanAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kerja sama pada anak menggunakan metode dalam pelajaran berbasis proyek di kelas B TK ABA TURIKALE. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak didik Kelas B TK ABA TURIKALE yang berjumlah 23 anak didik. Penelitian ini meliputi 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 yang terdiri dari observasi, perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskreptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar ceklist. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam penelitian ini terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus 2. Hal ini dapat terlihat dari nilai hasil perkembangan aspek pada anak didik, yaitu pada siklus I rata-rata perkembangan anak didik mulai berkembangan pada siklus II perkembangan anak didik berkembang sesuai harapan. Penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek telah berhasil meningkatkan kemampuan perkembangan anak didik.
Unduhan
Referensi
Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24 No. 2, 2019 P-ISSN: 1829-877X E-ISSN : 2685- 9033
A.M, Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta; Rajawali Ekspress.
Arief Tiro, Muhammad. 2007. Dasar-dasar Statistika. Makassar; State University of Makassar Press.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Cet. XI. Jakarta; PT. Rineka Cipta.
Dimyati Dan Mudjiono 1999; Belajar dan Pembelajaran .Rineka Cipta :Jakarta.
Djamarah, S. B. dan Zaim A. 2002; Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta Jakarta
Muslimin, Uses dan Usman 2000; Menjadi Guru Profesional Edisi Kedua PT. Rewaja Rosdakerja Bandung.
Sanjaya, Wina. 2007; Strategi Pembelajaran. Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Samad, Sulaiman. Dkk. 2008. Profesi Keguruan. Makassar; FIP-UNM.
Sudjana, Nana. 1998. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung; Sinar Baru.
Sudjana, Nana. 200 4. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung; Sinar Baru-Algesindo.
https://www.paud.id/pembelajaran-paud-model-kelompok/
https://steemit.com/esteem/@muna84/kelebihan-dan-kekurangan-metode-belajar-kelompok-9e98a3c5fed7c
https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/berita/index/20170601055904
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.