Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Pada Anak Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek

Penulis

  • Rasdini Nurrachmah Ranggong Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Sri Sufliati Romba Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Hardalia Hamzah Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Nurul Madani Herman Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Nadyah Madjid Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.1189

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Berbasis Proyek,Peningkatan , Peningkatan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kerja sama pada anak menggunakan metode dalam pelajaran berbasis proyek di kelas B TK ABA TURIKALE. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak didik Kelas B TK ABA TURIKALE yang berjumlah 23 anak didik. Penelitian ini meliputi 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 yang terdiri dari observasi, perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskreptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar ceklist. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam penelitian ini terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus 2. Hal ini dapat terlihat dari nilai hasil perkembangan aspek pada anak didik, yaitu pada siklus I rata-rata perkembangan anak didik mulai berkembangan pada siklus II perkembangan anak didik berkembang sesuai harapan. Penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek telah berhasil meningkatkan kemampuan perkembangan anak didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24 No. 2, 2019 P-ISSN: 1829-877X E-ISSN : 2685- 9033

A.M, Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta; Rajawali Ekspress.

Arief Tiro, Muhammad. 2007. Dasar-dasar Statistika. Makassar; State University of Makassar Press.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Cet. XI. Jakarta; PT. Rineka Cipta.

Dimyati Dan Mudjiono 1999; Belajar dan Pembelajaran .Rineka Cipta :Jakarta.

Djamarah, S. B. dan Zaim A. 2002; Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta Jakarta

Muslimin, Uses dan Usman 2000; Menjadi Guru Profesional Edisi Kedua PT. Rewaja Rosdakerja Bandung.

Sanjaya, Wina. 2007; Strategi Pembelajaran. Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Samad, Sulaiman. Dkk. 2008. Profesi Keguruan. Makassar; FIP-UNM.

Sudjana, Nana. 1998. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung; Sinar Baru.

Sudjana, Nana. 200 4. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung; Sinar Baru-Algesindo.

https://www.paud.id/pembelajaran-paud-model-kelompok/

https://steemit.com/esteem/@muna84/kelebihan-dan-kekurangan-metode-belajar-kelompok-9e98a3c5fed7c

https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/berita/index/20170601055904

https://www.paud.id/pembelajaran-paud-model-kelompok

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Nurrachmah Ranggong, R. ., Sufliati Romba, S. ., Hamzah, H., Madani Herman, N. ., & Madjid, N. . (2023). Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Pada Anak Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.1189