Peningkatan Kemampuan Menulis Dan Menyimak Kalimat Melalui Media Kartu Kalimat Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II UPTD SDN 156 Inpres Tamala’lang

Penulis

  • Nurwahida As Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Nurwahidah Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Mila Aulia Septiani Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Muhammad Yaumil Aslam H Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Iskandar Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Idawati Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.1193

Kata Kunci:

Media Kartu Kalimat, Kemampuan Menulis, Kalimat Pasif dan aktif

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keberhasilan menulis kalimat melalui kartu kalimatpada pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II UPTD SDN 156 Inpres Tamala’lang. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian  deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas II  UPTD SDN 156 Inpres Tamala’lang yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terbagi menjadi dua yaitu lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari pra siklus ke siklus II. Hal ini bisa dilihat dari hasil tes yang telah disajikam sudah ada peningkatan dari prasiklus ke siklus pertama. Di lihat dari persentase dari prasiklus sebesar 42,92% menjadi 63,69% di siklus pertama lalu, pad siklus II ternyata para siswa sudah menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan tingkat dibandingkan dengan persentase dari siklus I sebesar 15% sehingga peningkatannya mencapai 78,81 % sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini memberikan peningkatan terhadap keterampilan menyimak teks eksplanasi siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ega, Ritma Wati. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena. Gereda, Agustinus. 2020. Keterampilan Bahasa Indonesia. Jawa Barat: Edu

Publisher

Hasriani. 2023. Terampil Menyimak. Bandung: Indonesia Emas Group

Heryana, Nono dkk. 2023. Konsep Dasar Media Pembelajaran di Era Digital.

Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri

http://media.neliti.com.Publications-kartu-kata

http://suprastyo-kangmr.blogspot.co.id/2011/08/pengenalan-suku-katapengenalan-kata-dan.html

Ismail, Ilyas M. 2020. Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajara.

Makassar: Cendekia Publisher

Juniantoro, Shandy. 2021. Literasi Digital dalam Tantangan Pendidikan Abad 21.

Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management

Jalmur, Nizwardi. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana Khairiah, Dina. 2022. Prosiding Seminar Nasional Prodi PGMI dan PIAUD.

Yogyakarta: Samudra Biru

Katoningsih, Sri. 2021. Keterampilan Bercerita. Jawa Tengah: Muhammadiyah University Press

Kustandi, Cecep dan Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Kasmiati dkk. 2023. Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Makassar: CV. Tohar Media

Laia, Askarman. 2020. Menyimak Efektif. Jawa Tengah: Lutfi Gilang

Marlina. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Mustadi, Ali dkk. 2021. Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press

Nurfadhillah, Septy. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak

Suryadi, Ahmad. 2020. Teknologi dan Media Pembelajaran Jilis I. Jawa Barat: CV Jejak

Syarifuddin dan Eka Dewi Utari. 2022. Media Pembelajaran. Palembang: Bening Sadiman, Arief. S dkk. 2021. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers Ummyssalam. 2017. Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-25

Cara Mengutip

As, N., Nurwahidah, Septiani, M. A., H, M. Y. A. ., Iskandar, & Idawati. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Dan Menyimak Kalimat Melalui Media Kartu Kalimat Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II UPTD SDN 156 Inpres Tamala’lang. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(4), 697–710. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.1193