Peningkatan Kemampuan Menulis Dan Menyimak Kalimat Melalui Media Kartu Kalimat Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II UPTD SDN 156 Inpres Tamala’lang
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.1193Kata Kunci:
Media Kartu Kalimat, Kemampuan Menulis, Kalimat Pasif dan aktifAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keberhasilan menulis kalimat melalui kartu kalimatpada pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II UPTD SDN 156 Inpres Tamala’lang. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas II UPTD SDN 156 Inpres Tamala’lang yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terbagi menjadi dua yaitu lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari pra siklus ke siklus II. Hal ini bisa dilihat dari hasil tes yang telah disajikam sudah ada peningkatan dari prasiklus ke siklus pertama. Di lihat dari persentase dari prasiklus sebesar 42,92% menjadi 63,69% di siklus pertama lalu, pad siklus II ternyata para siswa sudah menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan tingkat dibandingkan dengan persentase dari siklus I sebesar 15% sehingga peningkatannya mencapai 78,81 % sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini memberikan peningkatan terhadap keterampilan menyimak teks eksplanasi siswa.Unduhan
Referensi
Ega, Ritma Wati. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena. Gereda, Agustinus. 2020. Keterampilan Bahasa Indonesia. Jawa Barat: Edu
Publisher
Hasriani. 2023. Terampil Menyimak. Bandung: Indonesia Emas Group
Heryana, Nono dkk. 2023. Konsep Dasar Media Pembelajaran di Era Digital.
Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri
http://media.neliti.com.Publications-kartu-kata
http://suprastyo-kangmr.blogspot.co.id/2011/08/pengenalan-suku-katapengenalan-kata-dan.html
Ismail, Ilyas M. 2020. Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajara.
Makassar: Cendekia Publisher
Juniantoro, Shandy. 2021. Literasi Digital dalam Tantangan Pendidikan Abad 21.
Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management
Jalmur, Nizwardi. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana Khairiah, Dina. 2022. Prosiding Seminar Nasional Prodi PGMI dan PIAUD.
Yogyakarta: Samudra Biru
Katoningsih, Sri. 2021. Keterampilan Bercerita. Jawa Tengah: Muhammadiyah University Press
Kustandi, Cecep dan Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Kasmiati dkk. 2023. Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Makassar: CV. Tohar Media
Laia, Askarman. 2020. Menyimak Efektif. Jawa Tengah: Lutfi Gilang
Marlina. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Mustadi, Ali dkk. 2021. Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press
Nurfadhillah, Septy. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak
Suryadi, Ahmad. 2020. Teknologi dan Media Pembelajaran Jilis I. Jawa Barat: CV Jejak
Syarifuddin dan Eka Dewi Utari. 2022. Media Pembelajaran. Palembang: Bening Sadiman, Arief. S dkk. 2021. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers Ummyssalam. 2017. Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.