UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V.C UPTD SDN 146 BARAMBANG 1
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v3i1.1211Kata Kunci:
Hasil Belajar, Media Audio Visual, MeningkatkanAbstrak
Tujuan peneliian ini adalah untuk Meningkatakan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui media audio visual kelas V.C UPTD SDN 146 Barambang 1, dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman murid terhadap materi yang dipelajari setelah pemberian tindakan. Tes yang diberikan dalam bentuk uraian, karena peneliti ingin mengetahui proses jawaban murid secara rinci. Observasi dilakukan untuk mengamati aktifitas murid selama kegiatan penelitian, sebagai upaya untuk mengetahui adanya kesesuaian antara perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, dan untuk mengetahui sejauh mana tindakan dapat menghasilkan perubahan yang dikehendaki oleh peneliti. Observasi ini dilakukan oleh peneliti selama pelaksanaan tindakan dalam dua siklus, hasil penelitian pembelajaran media audio visual dapat meningkatkan aktivitas proses belajar mengajar, dari hasil observasi terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II. Kemampuan menganalisis juga meningkat secara signifikan. Hal ini dikarenakan siswa sudah terbiasa, penguasaan hasil belajar meningkat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil Lkpd siswa.
Unduhan
Referensi
Amelia, A., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok untuk Pengembangan Bakat Siswa SMA di Bidang Menulis. Senada PBSI, 2 (1), 858-868. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1225
Azwar, S. (2015). Tes Hasil: Fungsi dan Pegembangan Pengukuran Hasil Belajar, Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Darmansyah. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. UNP Depdiknas. 2004. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Cetakan Eisi ke empat Malang Pers
Ivor. K.Davies. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta CV Rajawali
Nana Sujana. 1989. Teori-teori belajar Untuk pengajaran. Bandung Ekonomi UI
Ruseffendi. 1996. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud
Rahmanelli. 2005. Skolar Jurnal Kependidikan. Vol 6. Nomor 2. Padang. UNP
Sukahar. 1995. Matematika SD kelas IV. Jakarta. Depdikbud
Tim Penulis. 1994. GBPP Kelas IV. Jakarta. Dirjen Pendidikan Dasar.
Tim Penulis. 1999. Suplemen GBPP Kelas IV. Jakarta. Pusat Penerbit UT
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Kencana
Wiradikromo Sartono. 2003. Dimensi Tiga. Jakarta. Erlangga
Zainal Abidin. 2004. Evaluasi Pengajaran. Padang. UN
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.