UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V.C UPTD SDN 146 BARAMBANG 1

Penulis

  • Ayma Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Keisya Sashi Kirana Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Nurfitriani Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Nurul Ulfa Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Resqita Mautiah Anshar Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Widya Ayuning Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v3i1.1211

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Media Audio Visual, Meningkatkan

Abstrak

Tujuan peneliian ini adalah untuk Meningkatakan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui media audio visual kelas V.C UPTD SDN 146 Barambang 1, dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman murid terhadap materi yang dipelajari setelah pemberian tindakan. Tes yang diberikan dalam bentuk uraian, karena peneliti ingin mengetahui proses jawaban murid secara rinci. Observasi dilakukan untuk mengamati aktifitas murid selama kegiatan penelitian, sebagai upaya untuk mengetahui adanya kesesuaian  antara perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, dan untuk mengetahui sejauh mana tindakan dapat menghasilkan perubahan yang dikehendaki oleh  peneliti. Observasi ini dilakukan oleh peneliti selama pelaksanaan tindakan dalam dua siklus, hasil penelitian pembelajaran media audio visual dapat meningkatkan aktivitas proses belajar  mengajar, dari hasil observasi terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II. Kemampuan menganalisis juga meningkat secara signifikan. Hal ini dikarenakan siswa sudah terbiasa, penguasaan hasil belajar meningkat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil Lkpd siswa.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amelia, A., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok untuk Pengembangan Bakat Siswa SMA di Bidang Menulis. Senada PBSI, 2 (1), 858-868. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1225

Azwar, S. (2015). Tes Hasil: Fungsi dan Pegembangan Pengukuran Hasil Belajar, Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Darmansyah. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. UNP Depdiknas. 2004. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Cetakan Eisi ke empat Malang Pers

Ivor. K.Davies. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta CV Rajawali

Nana Sujana. 1989. Teori-teori belajar Untuk pengajaran. Bandung Ekonomi UI

Ruseffendi. 1996. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud

Rahmanelli. 2005. Skolar Jurnal Kependidikan. Vol 6. Nomor 2. Padang. UNP

Sukahar. 1995. Matematika SD kelas IV. Jakarta. Depdikbud

Tim Penulis. 1994. GBPP Kelas IV. Jakarta. Dirjen Pendidikan Dasar.

Tim Penulis. 1999. Suplemen GBPP Kelas IV. Jakarta. Pusat Penerbit UT

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Kencana

Wiradikromo Sartono. 2003. Dimensi Tiga. Jakarta. Erlangga

Zainal Abidin. 2004. Evaluasi Pengajaran. Padang. UN

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Ayma, Kirana , K. S., Nurfitriani, Ulfa , N. ., Anshar, R. M. ., & Ayuning, W. . (2024). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V.C UPTD SDN 146 BARAMBANG 1. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 3(1), 88–94. https://doi.org/10.56983/jgps.v3i1.1211