PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS III UPTD SDN 60 MONCONGLOE LAPPARA
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v3i1.1258Kata Kunci:
Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran Student student Facilitator And Explaining, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran Student Facilitator And Explaining Siswa kelas III UPTD SDN 60 Moncongloe Lappara Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas III UPTD SDN 60 Moncongloe Lappara sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara melalui model pembelajaran Student Facilitator And Explaining mengalami peningkatan baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persentase ketuntasan klasikal pada pratindakan menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal yaitu sebesar 44,54% dengan kategori sangat kurang, meningkat pada Siklus I yaitu sebesar 70,71% dengan kategori cukup, dan meningkat pada Siklus II yaitu sebesar 85% dengan kategori baik.
Unduhan
Referensi
Abidin, Y. (2013) Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1), 1-8.
Dewi, C. (2017). Peningkatan keterampilan berbicara dalam bermain drama melalui model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 567-575. http://202.52.52.6/index. php/ jinop/article/view/4575.
Floryantini, K. N., Sudana, D. N., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Model Sfae Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 24(1), 114-123. https://ejournal. undiksha.ac.id/index. php/ MI/ article/ view/17468.
Miles, dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Nurgiyantoro, Burhan. (2001). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.
Ridwan, A., & Tapa, M. A. (2021). Keefektifan Model Pengajaran Student facilitator And Explaining (Sfae) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII Smp Muhammadiyah 11 Tellobaru Makassar. Celebes Education Review, (Online), 3(2), 146-151. http:// journal. lldikti9.id/ CER/ index.
Sari, B. N., & Sukarno, R. W. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Didaktika Dwija Indria, 4(5), 27-32. https://jurnal.fkip. uns.ac.id /index.php/pgsdsolo/article/view/8557
Suprijono. (2014). Model Pembelajaran Student Fasilitator And Explaining, Model Yang Melibatkan Keaktifan Siswa. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Syach, A., Sugandi, D., & Putra, F. D. H. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Dengan Metode Student Facilitator And Explaining Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(2), 155-168. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/191.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.