MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH II MAROS

Penulis

  • Eka Mey Wulandari Astuti Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Andi Afrida Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Chaerunnisa. G Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Lidya Azra Dwi Putri Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v3i1.1267

Kata Kunci:

Model Kooperatif TGT, Hasil Belajar IPAS, Wujud Zat dan Perubahannya

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di SD Muhammadiyah II Maros. Permasalahan yang ditemukan yaitu kurangnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa khususnya pada materi wujud zat dan perubahannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar wujud zat dan perubahannya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPAS kelas 4. Peneliti ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Pengumpulan data ini menggunakan instrument berupa lembar evaluasi/tes. Hasi peneliti menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus 1 yaitu 7,125 dengan persentase belajar 75% dan pada siklus 2 nilai rata-rata yang diproleh siswa yaitu 8,187 dengan persentase 87,5%. Ditinjau dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Andi Afrida, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

FKIP PGSD

Referensi

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 104-111.

Nugroho, D. R., & Rachman, A. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (Tgt) terhadap motivasi siswa mengikuti pembelajaran bolavoli di kelas X sman 1 panggul kabupaten trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1), 161-165.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Prihatini, E. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).

Puspitasari, D., Ratnasari, D. T., & Afrida, T. (2023). Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi wujud benda dan sifatnya melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) pada siswa kelas iv sd. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 6(2), 125-132.

Rahmawati, T. U., Amaliah, R., Rosmawati, R., & Bahri, A. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Memahami Isi Teks Pendek. Jurnal PENA: Penelitian dan Penalaran, 10(1), 20-33.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-03

Cara Mengutip

Astuti, E. M. W., Afrida, A., Chaerunnisa. G, & Dwi Putri, L. A. (2025). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH II MAROS. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 3(1), 110–118. https://doi.org/10.56983/jgps.v3i1.1267