Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam Pada Kelompok B Tk Negeri Pembina Bungoro

Penulis

  • Lidia Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Fitriani Mahmud Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Siti Sahwin Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Muhamad Yusril TK Negeri Pembina Bungoro,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/gps.v1i3.540

Kata Kunci:

motorik halus, Menganyam, Anak Usia 5-6 tahun

Abstrak

Perkembangan motorik halus anak Kelompok B Usia 5-6 tahun TK Negeri Pembina Bungoro Tahun pelajaran 2022/2023 menunjukkan bahwa perkembangan motorik halus yang dimiliki anak masih kurang berkembang. Terlihat dalam kegiatan menggunting, mewarnai, menulis dan sebagainya masih ada yang memerlukan bantuan guru dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, contohnya ketika mewarnai anak masih kaku dalam memegang penwarna dan mewarnai gambar yang diberikan oleh guru, yang perkembangan motorik halus anak belum terlalu berkembang dengan baik. metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model demonstrasi, Upaya mengatasi lambatnya perkembangan motoric halus anak usia dini kelompok B di TK Negeri Pembina Bungoro peneliti melakukan kegiatan menganyam dengan kertas origami. Pada siklus 1 kegiatan menganyam menggunakan kertas origami dan berkembang pada setiap siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, perkembangan motoric halus anak belum berkembang (BB) 6 anak atau 33,3%, mulai berkembang (MB) 7 anak atau 38,8%, dan berkembang sesuai harapan (BSH) 5 anak atau 27,7% pada siklus I pertemuan pertama dan meningkat pada siklus I pertemua kedua. Lalu pada siklus II kemampuan motorik halus anak semakin meningkat dapat dilihat pada pertemuan pertama siklus II pada pertemuan pertama kategori anak belum berkembang (BB) menjadi 3 anak atau 16,6%, pada kategori mulai berkembang (MB) 4 anak atau 22,2%, kemuadian berkembang sesuai harapan (BSH) 6 anak atau 33,3%, dan pada kategori berkembang sangat baik (BSB) ada 5 anak atau 27,7%. Dan pada siklus II pertemuan kedua dapat dilihat anak-anak sudah memiliki kemajuan pesat dimana pada (BB) dan (MB) sudah tidak ada dan pada (BSH) menjadi 11 anak atau 61,1% dan (BSB) 7 anak atau 38,9%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amanda, F. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Pada Kelompok B Di PAUD Qur'ani Nurul Ilmi Aceh Besar (Doctoral dissertation, STKIP Bina Bangsa Getsempena).

Anisyah, D. R., Sumardi, S., & Muslihin, H. Y. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN MEDIA LOOSE PARTS PADA ANAK USIA DINI DI TK BIAS SIDAMULYA. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 6(2), 161-169.

Az-Zahra, P., Fauzi, T., & Andriani, D. (2022). Pengaruh Kegiatan Menganyam terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 84-94.

Bulan, D. V. C., & Suzanti, L. (2022). OPTIMALISASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MENGGUNAKAN MEDIA MENGANYAM DENGAN KERTAS. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 4(2), 26-37.

Daulay, W. C., & Nurmaniah, N. (2019). Pengaruh Kegiatan Menganyam Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al-Ihsan Medan TA 2018/2019. Jurnal Usia Dini, 5(2), 7-19.

Dewi, N. S., & Aulina, C. N. (2021). PENERAPAN KEGIATAN BAJUMPUT (MEMBATIK JUMPUTAN) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 18-27.

Faridah, Y., Al Fuad, Z., & Oktariana, R. (2022). MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B3 MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DI TK IT AL-LATIF. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 3(2).

Febriana, A., & Kusumaningtyas, L. E. (2017). Meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam pada anak kelompok b usia 5-6 tahun. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 2(2), 70-75.

Khoiriyah, T., Pusari, R. W., & Rakhmawati, E. (2022). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam Menggunakan Media Loose part Pada Kelompok B RA Prampelan Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Paudia, 11(1), 459-465.

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566.

Meriyati, M., Kuswanto, C. W., Pratiwi, D. D., & Apriyanti, E. (2020). Kegiatan menganyam dengan bahan alam untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 729-742.

Mutmainna, S. (2022). PENGARUH KEGIATAN MENGANYAM MENGGUNAKAN BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Universitas Negeri Makassar.

Ningsih, E. F. A., Wisudaningsih, E. T., & Travelancya, T. (2022). Pemanfaatan Bahan Alam Dalam Kegiatan Menganyam Untuk Mengembangkan Motorik halus Anak usia Dini Di Raudhatul Athfal Hidayatul Islam Krucil. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 977-986.

Pertamawati, I., & Khotimah, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Menganyam pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3).

Purnamasari, H. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menganyam Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Stimulus: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 26-38.

Rahmawati, R., & Suryana, D. PENGARUH MENGANYAM DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI.

Sari, H. M., & Nofriyanti, Y. (2019). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menganyam dengan Origami. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 146-151.

Suriati, S., Kuraedah, S., & Erdiyanti, E. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 211-223.

Susanti, M. (2019). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui permainan menganyam dari bahan alam di taman kanak–kanak cahaya hati kabupaten pasaman barat. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 32-36.

Yunita, A., Fatimah, A., & Fahmi, F. (2021). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menganyam. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1).

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-28

Cara Mengutip

Lidia, Mahmud, F. ., Sahwin, S., & Yusril, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam Pada Kelompok B Tk Negeri Pembina Bungoro. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(3), 215–225. https://doi.org/10.56983/gps.v1i3.540