UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS I MELALUI ICE BREAKING DI SDN 36 BIRING ERE

Penulis

  • Wiranto Wiranto
  • St. Nurwafiqah Maghfirah unismuh makassar,indonesia
  • Tasrif Akib Pendidikan Guru Sekolah Dasar ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.541

Kata Kunci:

Hasil belajar, Ice breaking, ,Peserta didik

Abstrak

Pencapaian tujuan pendidikan bergantung pada proses pembelajaran di sekolah. Saat proses pembelajaran guru masih menerapkan metode ceramah terkait materi yang ada di buku (teacher centered) sehingga peserta didik kurang terlibat aktif. Kurang terciptanya pembelajaran yang menyenangkan turut menyebabkan peserta didik tidak dapat berkonsentrasi dan fokus. Sehingga mengakibatkan kurang optimalnya kapasitas peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan ice breaking pada pembelajaran pendidikan pancasila pada kelas 1 SD Negeri 36 Biring Ere. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Penelitian ini mengambil populasi untuk dijadikan sampel dengan teknik sampling jenuh berjumlah 24 peserta didik. Instrumen yang digunakan berbentuk tes dengan tujuan mendapat data mengenai hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian siklus I diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 13 siswa dari 24 siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 69,12, sedangkan hasil penelitian siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 91,33. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan sebesar 21,91. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan ice breaking dapat meningkatkan hasil pembelajaran pendidikan pancasila pada peserta didik kelas 1 di SD Negeri 36 Biring Ere semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini terlihat dari nilai pra siklus, siklus I dan Siklus II yang mengalami peningkatan. Penelitian berhenti pada siklus II karena indikator pembelajaran telah terpenuhi.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Dewi, C. (2020, March). Ice Breaking Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. In SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR (Vol. 2).

Febriandari, E. I., Khakiim, U., & Pratama, N. A. E. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru dalam Menerapkan Ice Breaking dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Konseptual, 3 (4), 485-494. Doi: 10.28926/briliant.v3i3.253.

Khoerunisa, T., & Amirudin, A. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 84. https://doi.org/10.47453/edubase.v1 i1.47

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniasih, A. N. & Alarifin, D. H. (2015). Penerapan Ice Breaking (Penyegar Pembelajaran) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII-A MTs An-Nur Pelopor Bandarjaya Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika, III (1), 27-35.

Rahmaniyah, P. D. (2019). Peningkatan Efektivitas Proses Belajar Siswa dengan Penerapan Ice Breaking Siswa Kelas III SDN Giripurno 02 Batu. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FKIPUniversitas Muhammadiyah Malang.

Santosa, A. B., Damayanti, A., & Dewi, S. U. (2016). Persepsi Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Bahasa Inggris. Sistem Jurnal-STKIP PGRI Trenggalek, 2 (2), 148-164.

Saroya,A. (2014). Pengaruh Penerapan Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi di SMA Darussalam Ciputat. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunarto. (2017). Icebreaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Cakrawala Media.

Susanah, R. & Alafirin, D. H. (2014). Penerapan Permainan Penyegar (Ice Breaking) dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 2 (1), 42-50.

Zuhariyah, Z., & Fahmi, I. (2022). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Ii Di Sd Negeri Pusakajaya Utara I Kabupaten Karawang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 25-38.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Wiranto, W., Maghfirah, S. N. ., & Akib, T. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS I MELALUI ICE BREAKING DI SDN 36 BIRING ERE. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 53–58. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.541