EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVATERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MATA PELAJARAN INFORMATIKA

Penulis

  • Alwiyah Alamsyah
  • Dewi
  • Elmi Yuliani
  • Nur Kartika Ramadhan
  • Roslyn Rosdiah Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Sudirman Sudirman Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.603

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Canva, Motivasi Belajar

Abstrak

Artikel ini bermaksud untuk mendeskripsikan mengenai efektivitas dari penggunaan canva sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar siswa. Globalisasi membawa perubahan besar dalam tatanan hidup masyarakat. Perubahan tersebut didorong oleh semakin berkembangan IPTEK, yang membawa dampak dalam berbagai sektor kehidupan termasuk di antaranya yaitu pada bidang pendidikan. Perancangan media pembelajaran pada saat ini tidak hanya memanfaatkan benda yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari namun juga memanfaatkan dunia digital. Canva merupakan suatu aplikasi yang dapat dikembangkan dalam proses pembuatan media pembelajaran Informatika yang sangat membutuhkan adanya media sebagai pengantar infomasi dari muatan materi pembelajaran yang bersifat abstrak. Aplikasi canva menyediakan berbagai macam fitur menarik yang dapat memudahkan guru dalam pembuatan media pembelajaran, salah satunya yaitu dengan tersedianya beragam template yang dapat digunakan dalam proses mendesain media pembelajaran salah satunya yakni mata pelajaran Informatika. Pada pelaksanan penelitian kali ini, digunakan metode literature review, yaitu dengan proses meletakkan, mendapatkan, membaca, serta mengevaluasi berbagai literatur penelitian terkait atau berhubungan dengan persoalan yang akan diteliti. Data yang dideskripsikan yaitu hasil penelitian mengenai efektivitas dari pengguaan aplikasi canva yang telah dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelumnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amini, S. K., & Pujiharti, Y. (2021). Pengembangan Canva sebagai Media Pembelajaran Ekonomi di SMP Pondok Pesantren Tholabie Malang. ECODUCATION: Economic & Education Journal, 3(2), 204–217. https://doi.org/https://doi.org/10.33503/ecoducation.v3i2.1384

Fitria, V. A., Habibi, A. R., Hakim, L., & Islamiyah, M. (2021). Using Canva to Support Online Learning Media for Students at Mahardika Karangploso Vocational School in Malang during the Pandemic Pemanfaatan Canva untuk Mendukung Media Pembelajaran Online Siswa Siswi SMK Mahardika Karangploso Malang di Masa Pandemi. Mujtama’ Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2),7582.http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/Mujtama/article/view/5050/346

Maolida, Elis Homsini, dan Vina Aini Salsabila. 2021. “Canva and Screencast-O-Matic Workshop for Classroom Purpose: A Community Service for Madrasah Ibtidaiyah Teachers.” AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2):54–60. doi: 10.35870/ajad.v1i2.13.

Maryunani, Maryunani. 2021. “MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI MELALUI APLIKASI CANVA UNTUK KELAS VI SDN KREMBANGAN SELATAN III SURABAYA.” ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar 1(4):190–96. doi: 10.51878/elementary.v1i4.734.

Tafonao, Talizaro. 2018. Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 2(2), 104–105.

Umar. 2014. Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah. Vol. 11 (1), 137.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Alamsyah, A., Dewi, Yuliani, E. ., Kartika Ramadhan, N. ., Rosdiah, R. ., & Sudirman, S. (2023). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVATERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MATA PELAJARAN INFORMATIKA. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 77–87. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.603