Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI UPT SMAN 3 Pangkep

Penulis

  • Lulu Putri Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Muhammad Ryas Wijaya Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.626

Kata Kunci:

Problem-Based Learning, Teks Eksplanasi, Metode Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan desain model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pangkep. Kendala yang dihadapi guru dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah saat menulis teks eksplanasi untuk pembelajaran XI SMA Negeri 3 Pangkep Penelitian ini dilakukan dengan guru dan siswa di kelas XI SMA Negeri 3 Pangkep. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. information yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif, hasil penelitian ini adalah Guru merencanakan model pembelajaran berbasis masalah berupa RPP berdasarkan isi mata kuliah 2013;Guru menerapkan model pembelajaran berbasis masalah yang sesuai dengan sintaks masalah di dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Hambatan yang ditemui atau ditemui guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk belajar menulis teks eksplanasi berasal dari pengalaman guru dalam mengidentifikasi topik yang menarik dan kemampuan guru dalam mengatur waktu yang dibutuhkan untuk pembelajaran, karena model pembelajaran ini membutuhkan waktu yang lebih lama dari sisi siswa yang memang membutuhkan perhatian lebih untuk menggambarkan perbedaan kemampuan siswa. Kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa menjadi kendala yang sangat sulit bagi guru karena version pembelajaran berbasis masalah menuntut siswa untuk dapat berpikir kritis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifah, R. N. (2019). Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Bertema Fenomena Sosial dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 19 Bandung Tahun Pelajaran 2018-2019. Tesis. Universitas Pasundan.

Ekawati, S. (2018). Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sei Kanan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Asas: Jurnal Sastra, 7(3).

Halimah, M., Solfarina, & Langitasari, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran PDEODE untuk Meningkatkan KPS Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1).

Intan, N., & R., S. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1).

Kinaseh, Subekti, N., & Pribadi, T. A. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Media. Unnes Journal of Biology Education, 4(3).

Neriasari, D. P., & Ismawati, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Prestasi Belajar Menulis Eksplanasi Ditinjau dari Aspek Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2).

Salfera, N. (2017). Eksplanasi dengan Menggunakan Media. Pendidikan Indonesia, 3(2), 32–43. Samsidar. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Ilmiah dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1).

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Putri, L., & Ryas Wijaya, M. . . (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI UPT SMAN 3 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(4), 465–475. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.626