Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Ii Melalui Kartu Huruf Di UPT SD Negeri 28 Tumampua

Penulis

  • Andini Puteri Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Yeyen Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Ade Irma Suriani Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Tauhid UPT SD NEGERI 28 TUMAMPUA II ,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.670

Kata Kunci:

Keterampilan Membaca Siswa, Media Kartu Huruf, Penimgkatan

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang terjadi yaitu apakah penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SD Negeri 28 Tumampua II?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca murid melalui penerapan media kartu huruf pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 28 Tumampua II. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas atau classroom action research yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan terlihat pada pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca siswa menggunakan media pembelajaran kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Dalam penerapan metode kartu huruf ini siswa sudah aktif dalam kegiatan pembelajaran dan sesuai dengan yang diharapkan sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan membaca siswa Kelas II di SD Negeri 28 Tumampua II. Setelah dilaksanakan dua kali tes siklus, presentasi ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 74% yang berarti belum mencapai nilai KKM. Akan tetapi pada siklus II, presentasi ketuntasan belajar siswa meningkat yaitu 100%. Maka, dapat disimpulkan bahwa terbukti telah terjadi peningkatan yang signifikan pada keterampilan membaca siswa kelas II di SD Negeri 28 Tumampua II dengan menggunakan media kartu huruf.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akib Erwin, dkk. 2022. Buku Panduan Program Pemantapan Profesi Keguruan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Abidin Yunus. 2019. Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Khair Ummul. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra di SD & MI. Ar-Riayah, 2(1): 82-97).

Purba A Ramen, dkk. 2020. Pengantar Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ariyanti Ulfa. 2018. Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Alfabet dengan Alat Peraga Kartu Huruf Kelompok B di RA Assholikhin. Salatiga: IAIN Salatiga.

Pantiung Dahlia. 2016. Membaca sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al-daulah, 5(2): 352-376.

Marlina Ina. 2018. Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2): 212-241.

Bahri Aliem. 2015. Keterampilan Berbahasa dan Sastra Indonesia SD. Makassar: Universitas Mugammadiyah Makassar.

Rahim, Thamrin Paelori. 2013. Seluk Beluk Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Romis Aisy.

Agussalim, Suryanti. 2020. Konsep dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.

Susanto Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Puteri , A. ., Asifa, Y. ., Suriani, A. I. ., & Tauhid. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Ii Melalui Kartu Huruf Di UPT SD Negeri 28 Tumampua . Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(1), 44–56. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.670