Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II Mata Pelajaran Matematika Materi Pengukuran Melalui Metode The Power Of Two Four di SD 30 Sumpang Bita Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkajene

Penulis

  • Fauzia Nurislamiah Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Indah Nurhaliza Septiyani Muhtar Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Sitti Zahra Amalia Faisal Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.715

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Matematika, Metode The Power Of Two And Four

Abstrak

Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar Peserta Didik melalui metode The Power Of Two And Four mata pelajaran matematika materi pengukuran waktu pada peserta didik Kelas II di SD 30 Sumpang Bita Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkajene. Penelitian ini  dilakukan dalam dua siklus yang mencakup empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah murid Kelas II SD 30 Sumpang Bita Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkajene sebanyak 12 orang siswa, diantaranya 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes (evaluasi), dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian pada tahap pra siklus rata-rata sebesar 59,37 dengan persentase 54,17% ini berarti kurang memenuhi kriteria. Pada siklus I memperoleh rata–rata sebesar 71,87,dengan persentase 83,33%. Pada siklusI ini sudah memenuhi KKM tetapi kenyataan yang ada masih ada beberapa peserta didik yang masih belum tuntas sehingga perlu diadakannya siklus berikutnya. Pada siklus yang ke II adalah memperoleh nilai rata–rata sebesar 82,5 dengan persentase 91,67%. Artinya penelitian pada tahap ini sudah cukup sempurna karena peserta didik sudah memenuhi KKM semua.Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar matematika pada murid Kelas II SD 30 Sumpang Bita Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkajene dapat ditingkatkan melalui metode The Power Of Two And Four.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning; Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Amin Suyitno. 2006. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika1. Semarang: UNNES.

Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depag RI. 2006. Al-Qur'an dan Terjemahnya Juz 1-30. Cv. Pustaka Agung Harapan.

GatotMuhsetyo,dkk. 2008. Materi Pokok Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ismail SM. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.

Junaidy Ghony. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang:UIN Malang Press.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

M. Ngalim Purwanto. 2000. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Rosda karya.

Mas Nur Muslich. 2009. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah; Classroom Action Research. Jakarta : Bumi Aksara.

Mulyasa E. 2009. Kurikulum yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mutadi. 2007. Pendekatan Efektif dalam Pembelajaran Matematika, Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Keagamaan Depag Bekerjasama denganDitbinaWidyaiswara LAN-RI.

Nasirudin,dkk. 2008. Pedoman Penulisan skripsi Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo. Semarang: TarbiyahPress.

Ngalim Purwanto M. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Poerwodarminto. 1991. Kamus Umum bahasa Indonesia, Jakarta : Bina Ilmu.

RohmanNoto Wijoyo. 1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta:CV. Prindo.

Sarwiji Suwandi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka bekerja sama dengan FKIPUNS.

Sholeh Abdul Azis dan Abdul Azis Abdul Madjid. 2005. Al-Tarbiyah WaturuquAl-Tadrisi, Juz.1., Mesir: DarulMa’arif

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarata: Direktorat jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sudjana Nana. 2009. Proses-Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suharsimi Arikunto,dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi. 2004. Metodologi Research II. Yogyakarta: Andi Offset.

Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tirtarahardja, Umar, LaSulo. 2000. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Nurislamiah, F. ., Nurhaliza Septiyani Muhtar, I. ., & Zahra Amalia Faisal, S. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II Mata Pelajaran Matematika Materi Pengukuran Melalui Metode The Power Of Two Four di SD 30 Sumpang Bita Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkajene. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(1), 91–104. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.715