Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.723Kata Kunci:
Lingkungan, Objek Wisata, Sumber BelajarAbstrak
Lingkungan didaerah bisa menjadi pemanfaatan objek wisata sebagai sumber pembelajaran. Salah satu dampak oleh adanya objek wisata yaitu berupa pertukaran ilmu pengetahuan. Dengan memanfaatkan lingkungan berupa objek wisata sebagai sumber pembelajaran dapat menyebabkan siswa membantu menjaga kelestarian alam dan budaya, meningkatakn rasa cinta dan peduli siswa terhadap lingkungan, siswa mampu membuka wawasan baru tentang dunia luar, serta siswa dapat merasakan pembelajaran yang menarik, kreatif dan tidak membosankan. Ada banyak sekali objek wisata yang bisa dijadikan tempat untuk belajar langsung di lingkungannya dengan cara mengamati, mencari tau, menggambarkan, dan membandingkan berbagai hal yang ada di lingkungan sekitar. Hal itu dapat mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki siswa SMK NEGERI 9 PANGKEP. Lingkungan alam di daerah Pangkep memiliki Pegunungan indah, bukit-bukit yang menawan, serta ada pula air terjun yang menyimpan sumber mata air yang sejuk. Di Daerah Pangkep begitu banyak objek wisata yang unik dan khas sehingga begitu menarik untuk dijadikan sumber belajar. Kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris siswa pariwisata diarahkan untuk mengunjungi objek wisata yang ada di daerahnya, sehingga siswa dapat lebih mengenal objek wisata yang ada didaerahnya dan dapat memperkenalkan objek wisata mereka bukan hanya kepada masyarakat lokal, tapi dengan kemampuan mempelajari bahasa inggris dalam memperkenalkan objek wisata di daerahnya, diharapkan siswa dapat memperkenalkan objek wisata di daerahnya kepada masyarakat luar.
Unduhan
Referensi
Ariyani, D. r. (2021, September 3). Pengertian Sumber Belajar. Retrieved from rikaariyani.com: https://www.rikaariyani.com/2021/09/Pengertian-sumber-belajar.html?m=1
Gracia Niken, N. S. (2017). PEMANFAATAN TAMAN WISATA ALAM (TWA) PUNTIKAYU PALEMBANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. swarnabhumi, 16.
Kusumaningtyas, A. D. (2017). PEMANFAATAN DESA WISATA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. repository.upy.ac.id, 2.
Nasa. (2021, Juli 12). Pengertian Objek Wisata, Daya Tarik Wisata, Wisata Alam Dan Definisi Menurut Para Ahli. Retrieved from diadona.id: https://www.diadona.id/travel/pengertian-objek-wisata-daya-tarik-wisata-wisata-alam-dan-definisi-menurut-para-ahli-210712q.html
Nugraha, J. (2021, Juni 23). Pengertian Lingkungan Alam Dan Contohnya. Retrieved from https://m.merdeka.com/jateng/pengertian-lingkungan-alam-dan-contohnya-berikut-penjelasannya-kln.html
Pakaya, K. S. (2013). PEMANFAATAN OBYEK WISATA LOMBONGO SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 SUWAWA KABUPATEN BONE BOLANGO. repository.
Prawiro, M. (2018, September 4). Pengertian Belajar, Tujuan, Ciri-ciri, dan Jenis-jenis Belajar. Retrieved from maxmanroe: https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-belajar.html#gsc.tab=0
S.Pd, A. S. (2022, September 14). Outing Class Di Objek Wisata Wonogiri. Retrieved from Gurusiana: https://www.gurusiana.id/read/agussumarnospdmpd/article/outing-class-di-objek-wisata-wonogiri-13702
Setia, W. (2015). PEMANFAATAN OBJEK WISATA LINGGO ASRI (KALI PAINGAN) SEBAGAI SUMBER BELAJAR OUTDOOR STUDY PADA POKOK BAHASAN MATERI LITOSFER. lib.unnes.ac.id, 8. Retrieved from lib.unnes.ac.id.
Siktiyana, M. N. (2002, Maret 17). Lingkungan Adalah. Retrieved from lindungihutan: https://lindungihutan.com/blog/lingkungan-adalah/?amp=1
Sora. (2019). Tujuan Dan Manfaat Pembelajaran Bahasa. Retrieved from blogspot: http://kumpulanreferansi.blogspot.com/2017/09/tujuan-dan-manfaat-pembelajaran-bahasa.html?m=1
Thoufoul, E. (2020). Pengelolaan media pembelajaran wisata alam untuk MENGEMBANGKAN MUTU PEMBELAJARAN DI TK SEKOLAH ALAM EXCELLENTIA KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN . media.neliti.com, 93.
Widyiastuti, A. (2021, November 11). Lingkungan Sebagai Sumber Belajar. Retrieved from kemdikbud.go.id: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/lingkungan-sebagai-sumber-belajar/
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.