Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah 1 Mattoanging

Penulis

  • Uswatun Hasanah Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Nurfitriana Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Handayani Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Musfira Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.725

Kata Kunci:

Pendidikan, Nilai Agama, Metode pembelajaran

Abstrak

Usia dini merupakan usia yang paling penting, karena pada usia tersebut merupakan awal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak yang membawa ke arah kehidupan selanjutnya. Dengan perhatian dan kesadaran terhadap pendidikan anak sejak usia dini khususnya pendidikan tentang agama akan memberikan dampak yang positif bagi kehidupan mereka. Apabila nilai-nilai agama telah tertanam kuat pada diri seorang anak maka mereka akan tumbuh dan berkembang dengan memiliki kemampuan untuk mencegah dan menangkal serta membentengi diri mereka dari berbagai pengaruh yang negatif. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini berusaha melihat secara mendalam dan memaparkan pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama Islam kepada anak usia dini di TK Aisyiyah 1 Mattoanging Pangkep. Sumber data yang diperoleh adalah melalui orang yang diamati atau orang yang diwawancarai yang meliputi pengurus yayasan, guru, peserta didik, orangtua, dan pihak yang terkait dalam penelitian di TK Aisyiyah 1 Mattoanging Pangkep. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun nilai-nilai yang ditanamkan pada pendidikan anak usia dini di TK Aisyiyah 1 Mattoanging adalah nilai aqidah, syari’ah (ibadah) dan akhlak.Semua itu tercover dalam beberapa materi, yaitu aqidah, fiqh, akhlak, asmaul husna, do’a harian,hadis pilihan, sejarah islam dan muhammadiyah, membaca al-Qur’an. Hal ini berarti bahwa TK Aisyiyah 1 Mattoanging telah mengajarkan semua dimensi ajaran agama Islam yang sesuai dengan ajaran islam dan muhammadiyah. Di TK Aisyiyah 1 Mattoanging, dalam menanamkan nilai agama anak usia dini menggunakan metode bercerita, bernyanyi,bersajak/syair, hadist, sejarah islam dan sejarah muhammadiyah, serta pembiasaan atau heart start. TK Aisyiyah 1 Mattoanging telah mengajarkan semua tentang ajaran menurut syariat islam beserta dengan tuntunan ajaran Muhammadiyah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Setiawati, Farida Agus. "Pendidikan moral dan nilai-nilai agama pada anak usia dini: Bukan sekedar rutinitas." Paradigma 1.02 (2006).

Syah, Imas Jihan, and Nimas Ayu Giri Anjani. "Metode penanaman nilai-nilai moral dan agama anak usia dini taman kanak-kanak Aisyiyah Mantup Lamongan." JCE (Journal of Childhood Education) 6.1 (2022): 206-221.

Syaikhon, Muhammad. "Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Tk Taam Adinda Kepatihan Menganti Gresik." Education and Human Development Journal 3.1 (2018).

Sugianto, Bambang Unknown. "Meningkatkan Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok B1 TK Mutiara Hati Kendari." Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO 1.2 (2018).

Anggraini, D. D. (2015). Peningkatan Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 140-149.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Hasanah, U. ., Nurfitriana, Handayani, & Musfira. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah 1 Mattoanging. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(4), 574–583. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.725