Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS Fatmawati Soekarno

Penulis

  • Kasturi Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.741

Kata Kunci:

Model Pembelajaran , Hasil Belajar , Numbered Head Together

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperolah deskripsi tentang peningkatan kemampuan menulis teks ceramah  menggunakan metode Numbered Head Together pada siswa kelas X IIS Fatmawati Soekarno. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Pangkep pada kelas X Tahun Pelajaran 2021/2022. Kelas yang dipilih ialah kelas X IIS Fatmawati Soekarno dengan jumlah siswa 34 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa esai sebanyak 3 soal untuk keseluruhan pra siklus.. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui proses pembelajaran dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together yang diterapkan dikelas X IIS Fatmawati Soekarno dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu dilihat dari aspek keberhasilan yang meliputi proses pembelajaran sebelum diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together di kelas X IIS Fatmawati Soekarno.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Erwin Akib, dkk., 2021. Buku Panduan Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Makassar, FKIP Unimuh Makassar.

Erwin Putera Permana, 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif. 1(2): 45-58.

Gamal Thabroni, 04 Februari 2022. Model Pembelajaran NHT (Tipe kooperatif Numbered Head Together), (online), (https://serupa.id/model-pembelajaran-nht/ diakses 22 Januari 2023).

Putu Atmaka. 14 Mei 2021. Pengertian dan Sintaks Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), (Online), (https://pendidikan.infoasn.id/pengetian-dan-sintaks-model-pembelajaran-numbered-head-together-nht/ diakses 22 Januari 2023).

Rika Firma Yenni. 2016. Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika. 1(2).

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Kasturi. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS Fatmawati Soekarno. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(1), 105–118. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.741