Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS Fatmawati Soekarno
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.741Kata Kunci:
Model Pembelajaran , Hasil Belajar , Numbered Head TogetherAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperolah deskripsi tentang peningkatan kemampuan menulis teks ceramah menggunakan metode Numbered Head Together pada siswa kelas X IIS Fatmawati Soekarno. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Pangkep pada kelas X Tahun Pelajaran 2021/2022. Kelas yang dipilih ialah kelas X IIS Fatmawati Soekarno dengan jumlah siswa 34 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa esai sebanyak 3 soal untuk keseluruhan pra siklus.. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui proses pembelajaran dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together yang diterapkan dikelas X IIS Fatmawati Soekarno dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu dilihat dari aspek keberhasilan yang meliputi proses pembelajaran sebelum diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together di kelas X IIS Fatmawati Soekarno.
Unduhan
Referensi
Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Erwin Akib, dkk., 2021. Buku Panduan Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Makassar, FKIP Unimuh Makassar.
Erwin Putera Permana, 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif. 1(2): 45-58.
Gamal Thabroni, 04 Februari 2022. Model Pembelajaran NHT (Tipe kooperatif Numbered Head Together), (online), (https://serupa.id/model-pembelajaran-nht/ diakses 22 Januari 2023).
Putu Atmaka. 14 Mei 2021. Pengertian dan Sintaks Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), (Online), (https://pendidikan.infoasn.id/pengetian-dan-sintaks-model-pembelajaran-numbered-head-together-nht/ diakses 22 Januari 2023).
Rika Firma Yenni. 2016. Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika. 1(2).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.