Penerapan Permainan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas II UPTS SD Negeri 28 Tumampua II

Penulis

  • Nurul Muthia Rany Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Nudiawati Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Ade Irma Suriani Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.796

Kata Kunci:

Permainan Kartu Kata, Kemampuan Membaca, Membaca Nyaring

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa. Adapun rumusan masalahnya bagaimanakah penerapan permainan kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas II UPTS SD Negeri 28 Tumampua II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permainan kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas II UPTS SD Negeri 28 Tumampua II. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan permainan kartu kata dan kemampuan membaca nyaring. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas II UPTS SD Negeri 28 Tumampua II yang berjumlah 27 orang pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang dicapai pada siklus I yaitu berada pada kategori cukup dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas II UPTS SD Negeri 28 Tumampua II.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Badriyah, Nur. (2010). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring melalui Media Pias-Pias Kata pada Siswa Kelas I SD Negeri Keden I Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen. Jurnal Pendidikan.

Budi Rahman, Haryanto. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas 1 SDN Bajayau Tengah 2: Jurnal Prima Edukasia, Vol. 2 No. 2.

Budiasih dan Darmiyati Zuchdi. (2012). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.

Depdiknas. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Harianto, Erwin. Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Vol. 9, No. 1. 2020. Jurnal didaktika. Akses 13 Oktober 2022

Istanto, Budi. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Kartu Kata Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Padeyan Jatinom Klaten. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahim Farida. (2013). Dasar Pengajaran Membaca di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunardin. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS melalui Penerapan Model Project Based Learning. Indonesian Journal of Educational Studies (IJES), XXI (2), 116-122.

Yudistira, Dadang. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK. Jakarta: Grasindo.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Muthia Rany, N. ., Nudiawati, & Irma Suriani, A. (2023). Penerapan Permainan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas II UPTS SD Negeri 28 Tumampua II. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(4), 512–526. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.796