Pemanfaatan Rumah Belajar Sebagai Wadah Pembelajaran Yang Menyenangkan Untuk Anak-Anak Di Kelurahan Jagong Kabupaten Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i2.870Kata Kunci:
Rumah Belajar, Pendidikan, Calistung, PembelajaranAbstrak
Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana manfaat program Rumah Belajar yang telah dibentuk oleh mahasiswa P2K dari Universitas Muhammadiyah Makassar karena adanya kesadaran untuk membawa anak-anak agar mendapatkan kembali harapannya akan pendidikan yang dilakukan secara menyenangkan dan tidak membuat bosan anak anak di kelurahan Jagong. Seperti di ketahui, pada tahun 2019 sampai 2022 awal ini pembelajaran dilakukan secara online dikarenakan terjadinya COVID 19, akibat dari kejadian tersebut tidak bisa dipungkiri bahwa banyak anak- anak yang tidak fokus atau kurang memahami pembelajaran dengan baik, anak-anak juga sangat jenuh karena hanya terus-terusan berada di depan gadget tanpa berinteraksi langsung dengan guru dan temannya. Tak hanya itu sebagian anak- anak bahkan tidak mengikuti pemelajaran daring karena mereka tidak mempunyai gadget. Hal ini dibuktikan ketika peneliti memberikan beberapa test kemampuan terhadap anak anak di kelurahan Jagong, beberapa dari mereka masih kurang paham akan pelajaran calistung yang mendasar. Persoalan tersebut selama ini diupayakan pemerintah untuk diatasi, akan tetapi hingga kini belum ada tindakan maksimal Sehingga pelibatan partipasi masyarakat dan pemerintah dalam mengatasi hal ini menjadi sesuatu yang penting.oleh karena itu salah satu solusi untuk memecahkan masalah tersebut yaitu dengan diadakannya ‘’rumah belajar’’ sebagai wadah pembelajaran di kelurahan jagong kabupaten pangkep. Dengan adanya “Rumah Belajar” anak-anak di kelurahan Jagong mendapatkan pengetahuan serta pengalaman baru dan juga sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Abdullah, A. (2017). Pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45-62.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. CV. KAAFFAH LEARNING CENTER
GURU BERBAGI | PEMBELAJARAN MENYENANGKAN. (n.d.). Ayo Guru Berbagi. Retrieved January 31, 2023, from https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembelajaran-menyenangkan/
HAKIKAT BELAJAR DAN BERMAIN MENYENANGKAN BAGI PESERTA DIDIK. (n.d.). CORE. Retrieved January 31, 2023, from https://core.ac.uk/reader/291659670
Meyanti, R., Bahari, Y., & Salim, I. (2019). OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING. Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE), 2.
Mulyati, M. (2019). Menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam menumbuhkan peminatan anak usia dini terhadap pelajaran. Alim| Journal of Islamic Education, 1(2), 277-294.
Program Rumah Belajar di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Anak Keterbelakangan Ekonomi dan Mental Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia | Merpati: Media Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pos Indonesia. (2021, April 26). Jurnal Politeknik Pos Indonesia. Retrieved January 29, 2023, from https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/merpati/article/view/929
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung.
Trinova, Z. (2012). Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209-215.
Widodo, W. (2017). Wujud kenyamanan belajar siswa, pembelajaran menyenangkan, dan pembelajaran bermakna di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 14(2), 22-37.
(2017, June 9). Rumah Belajar. Retrieved January 29, 2023, from https://www.jalasamuderamandiri.org/2017/06/09/rumah-belajar/
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.