Kelengkapan Administrasi Dalam Menunjang Pelaksanaan Pembelajaran Di TK Aisyiyah Mattoangin

Penulis

  • Fina Uyun fadillah Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Reski Aulia Tk Aisyiyah Mattoangin,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.879

Kata Kunci:

kelengkapan administrasi, penunjang, pelaksanaan pembelajaran

Abstrak

TK AISYIYAH MATTOANGING merupakan sebuah lembaga pendidikan swasta tingkat dini yang beralamatkan di JL.Keadilan, Kel.Mappasaile, Kota Pangkep, Kec.Pangkajene, Kode Pos : 90617. Sarana dan prasarana di sekolah tersebut sudah cukup memadai, terdapat beberapa ruang kelas, kantor, taman bermain, kamar kecil, dan parkiran, namun belum tersedianya komputer khusus untuk pengelolaan administrasi sekolah. Biasanya pengelolaan administrasi pada lembaga pendidikan anak usia dini dilakukan secara manual dengan cara menuliskannya di buku administrasi yang tersedia.Untuk meningkatkan kualitas pelayaan penyelenggaraan program pembelajaran paud yang lebih baik, semua kelengkapan administrasi harus memenuhi standar yang sudah ditetapkan pemerintah. Pengelolaan administrasi di sini meliputi 3 hal yang harus diperhatikan dan dilakukan secara optimal yaitu kelengkapan, pengaturan dan juga pelaksanaan. jika kualitas dan kinerja tenaga administrasi sekolah yang rendah akan berdampak pada kelancaran penyelenggaraan pendidikan” Berdasarkan obsevasi awal yang dilakukan oleh mahasiswa PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Makassar 2 bulan di TK Aisyiyah Mattoanging pada bulan agustus dan September yang merupakan kegiatan Pemantapan Perofesi Keguruan (P2K) Pembelajaran, diperoleh temuan yaitu ada guru yang tidak melengkapi salah satu administrasi yaitu administrasi kesiswaan. Administrasi berasal dari Bahasa Latin Administrare yang memiliki arti membantu atau melayani. Dalam bahasa Inggris perkataan administrasi berasal dari kata administration, yang artinya melayani, mengendalikan, atau mengelola suatu organisasi dalam mencapai tujuannya secara intensif. Pe pelaksanaan pembelajaran merupakan kegiatan proses belajar-mengajar sebagai unsur inti dari aktivitas pembelajaran yang dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan rambu-rambu yang telah di susun dalam perencanaan sebelumnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Achmadwati, W., Meirawan, D., & Rahyasih, Y. (2018). Pemanfaatan Sarana Prasarana Kerja, Self Capacity Building, Dan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 1-12.

Hartuti, P. M. (2020). Pengolahan Administrasi Sekolah di PAUD KB Yayasan Al Ikhlas Kota Depok. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 232-237.

Purnama, M. S. R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Guru Matematika Melaksanakan Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 Melalui Pelatihan DI SMAN 1 Kluet Utara Aceh Selatan (Doctoral dissertation, UNIMED).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Isman, A. (2011). Instructional Design in Education: New Model. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 10(1), 136–142.

Damayanti, E., Amaliah, A. R., Tasnim, A., Susanti, N. A., Rezky, N., & Syarran, N. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Manajemen Administrasi. Nanaeke: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(2), 99-110.

Hasbiyallah, Mahlil Nurul Ihsan, Administrasi Pendidikan Perspektif Ilmu Islam, Bandung, 2019P

ratiwi, E. K. (2020). Peningkatan Kemampuan Dalam Pengelolaan Administrasi Guru Kelas Tk Melalui Supervisi Manajeral Di Sekolah Binaan Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 20-24.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-28

Cara Mengutip

Uyun fadillah, F., & Aulia, R. . (2023). Kelengkapan Administrasi Dalam Menunjang Pelaksanaan Pembelajaran Di TK Aisyiyah Mattoangin. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(3), 367–380. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.879