Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di TK Aisyiyah Mattoanging
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.887Kata Kunci:
Pola Asuh, Pembentukan, Karakter AnakAbstrak
Usia dini atau lebih sering menyebut usia emas (golden age), adalah masa-masa terpenting bagi tumbuh kembang anak. Pada usia ini, dimulai baik pertumbuhan organ-organ jasmani, kecerdasan dan karakter. Banyak ahli pendidikan dan psikologi yang berpendapat jika pada usia dini sangat menentukan apa saja. Terkait pendidikan karakter anak sudah dibentuk dengan baik, maka pada jenjang berikutnya tinggal memperkuat atau memperkaya.Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan peneliti itu di dsarkan pada ciri-ciri keilmuan yang rasional, empiris, dan sistemati. Rasional berarti kegiatan penelitian itu di laksanakan dengan cara-cara masuk akal sehingga terjangkau oleh penalaran manusia. Empiris berarti cara-cara yang di lakukan itu dapat di amati oleh indera manusiaMenurut Webster’s mengemukakan bahwa istilah asuh dalam bahasa inggris dengan Nurture yang memiliki pengertian:“The sun of the influences modifying the expression of the genetic potentialities of organism” sejumlah perubahan ekspresi yang dapat mempengaruhi potensi genetic yang melekat pada diri individu.(Anisah, 2011).Pola asuh terdiri dari dua kata yaitu pola dan asuh. Menurut Kamu Besar Bahasa Indonesia, pola berarti corak, model, sistem.Dalam upaya pembentukan karakter peserta didik khususnya di TK Aisyiyah Mattoanging yang harus di lakukan adalah memperbaiki pola asuh orang tua pada anak-anak. Karena pada dasarnya pembentukan karakter itu berawal dari lingkungan keluarga, Membentuk karakter anak itu seharusnya memang dilakukan pada usia dini dimana orang tua mudah menstimulasi dan membentuk karakter tersebut.
Unduhan
Referensi
Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84.
Masnur Muslich, (2011) Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara
Musfiroh, T. (2008). Character building. Yogyakarta: Tiara Wacana
Rahmad Rosyadi. (2013) Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Konsep dan Paktik PAUD Islami), Jakarta: Rajawali Pers,
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157-170.
Sugiono (2011), Metode Penelitian Kiuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung
Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan karakter usia dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.