Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Struktur Teks Anekdot Melalui Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X.TPL 3 UPT SMK Negeri 2 Pangkep

Penulis

  • Rosmini Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Riski Utami Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Idham Ramadhan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i2.900

Kata Kunci:

Kemampuan, Menyusun Teks Anekdot, Model Discovery Learning

Abstrak

 

Cahyo (2013:100) menjelaskan bahwa model pembelajaran penemuan (Discovery Learning) merupakan salah satu metode pembelajaran yang mana peserta didik mendapatkan pengetahuan baru yang sebelumnya belum diketahuinya serta tidak melalui pemberi tahuan, tetapi peserta didik menemukan sendiri.berdasarkan hal tersebut maka penulis tertarik membuat sebuah penelitian yang berjudul “Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Struktur Teks Anekdot Melalui Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X.TPL 3 UPT SMK Negeri 2 Pangkep.Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dan kualitatif.pengelolaan data pada penelitian ini dilakukan di sekolah setelah terkumpulnya data, selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk analisis secara kuantitatif digunakan analisis diskriptif yaitu skor rata-rata yang diperoleh dari hasil tes tiap siklus yang bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan materi melalui penggambaran karakteristik distribusi nilai pencapaian hasil belajar menyusun struktur teks anekdot, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe discovery learning.Hasil penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui model discovery learning pada siswa kelas X.TPL 3 UPT SMK Negeri 2 Pangkep, dapat diperoleh bahwa: (1) Adanya peningkatan hasil belajar Bahasa indonesia siswa dari setiap siklus, dengan hasil 98% pada siklus I meningkat menjadi 99% pada siklus II. (2) Terjadinya peningkatan persentase kehadiran siswa, perhatian, minat, keaktifan, serta semangat belajar siswa dalam proses belajar mengajar.(3) Pembelajaran kooperatif selain meningkatkan hasil belajar juga dapat meningkatkan sifat kerjasama antara siswa, serta dapat menimbulkan rasa percaya diri untuk menyelesaikan soal yang diberikan. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Guspita, 2019. Kemampuan Siswa Menganalisis Struktur Dan Kebahasaan Teks Anekdot Kelas X SMA Seri Rama Ylpi Pekan Baru Tahun Pembelajaran 2018/2019

Handiyani, Seni. Dkk. 2014. Bahasa Indonesia 1 untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas Kelompok Wajib. Bandung: Grarindo Media Pratama.

Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara

Siregar, Syofian. 2015. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: M dilengkapi dengan

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, CV.

Yunilawani, (2019). Kemampuan Menulis Teks Anekdot Melalui Model Pembelajaran Write Arround Siswa SMK Nurul Iman Palembang

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Rosmini, Utami, R., & Ramadhan, I. (2024). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Struktur Teks Anekdot Melalui Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X.TPL 3 UPT SMK Negeri 2 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(2), 291–302. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i2.900