https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta/issue/feedJurnal Guru Pencerah Semesta2024-10-03T04:16:55+00:00Dr. Tarman A. Arief, M.Pd.tarman@fkip.unismuhmakassar.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS) memiliki ciri khas dalam penamaan sebagai identitas yang merujuk pada gerakan dakwah persyarikatan Muhammadiyah yakni mencerahkan semesta. Gerakan bidang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat agar tercipta penyebarluasan ilmu pengetahuan kepada pendidik secara global. GPS terbentuk melalui sebuah program pemantapan profesi keguruan yang dijalankan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar, dimana seluruh laporan kegiatan ditransformasikan kedalam sebuah artikel ilmiah dan terpublikasi secara daring. Pengelola GPS terbentuk dari seluruh bidang keilmuan yang ada di lingkup FKIP dan memberdayakan para dosen yang juga berperan sebagai dosen pembimbing dan staf akademik fakultas.</p>https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta/article/view/876Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dan Aktivitas Siswa UPT SMA Negeri 3 Pangkep2024-09-19T03:07:04+00:00Nurminurmiummi00@gmail.comHilmi Hambalihilmi@unismuh.ac.idSri Wahyunisri@gmail.com<p><span style="font-size: 14px;">Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik setting kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi statistika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Pangkep yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh skor hasil belajar siswa tergolong dalam kriteria rendah (skor 65-75) dilihat dari tidak adanya siswa yang tuntas nilai KKM 77. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data adalah metode tes, obsevasi, dan wawancara. Hasil penelitian pada siklus pertama dengan skor rata-rata hasil belajar siswa 72,80 dan daya serap siswa 72,80%. Pada siklus dua rata-rata hasil belajar siswa 80,92 dan daya serap siswa 80,92%. Adapun peningkatan rata-rata presentase aktivitas-aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 11,87%. Dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD</span></p> <p> </p>2024-08-25T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semestahttps://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta/article/view/887Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di TK Aisyiyah Mattoanging2024-09-19T03:47:08+00:00Nur Asmiasminur021@gmail.comLulu salsabilalulu@gmail.comAndi Jellingjellung@gmail.com<p>Usia dini atau lebih sering menyebut usia emas (golden age), adalah masa-masa terpenting bagi tumbuh kembang anak. Pada usia ini, dimulai baik pertumbuhan organ-organ jasmani, kecerdasan dan karakter. Banyak ahli pendidikan dan psikologi yang berpendapat jika pada usia dini sangat menentukan apa saja. Terkait pendidikan karakter anak sudah dibentuk dengan baik, maka pada jenjang berikutnya tinggal memperkuat atau memperkaya.Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan peneliti itu di dsarkan pada ciri-ciri keilmuan yang rasional, empiris, dan sistemati. Rasional berarti kegiatan penelitian itu di laksanakan dengan cara-cara masuk akal sehingga terjangkau oleh penalaran manusia. Empiris berarti cara-cara yang di lakukan itu dapat di amati oleh indera manusiaMenurut Webster’s mengemukakan bahwa istilah asuh dalam bahasa inggris dengan Nurture yang memiliki pengertian:“The sun of the influences modifying the expression of the genetic potentialities of organism” sejumlah perubahan ekspresi yang dapat mempengaruhi potensi genetic yang melekat pada diri individu.(Anisah, 2011).Pola asuh terdiri dari dua kata yaitu pola dan asuh. Menurut Kamu Besar Bahasa Indonesia, pola berarti corak, model, sistem.Dalam upaya pembentukan karakter peserta didik khususnya di TK Aisyiyah Mattoanging yang harus di lakukan adalah memperbaiki pola asuh orang tua pada anak-anak. Karena pada dasarnya pembentukan karakter itu berawal dari lingkungan keluarga, Membentuk karakter anak itu seharusnya memang dilakukan pada usia dini dimana orang tua mudah menstimulasi dan membentuk karakter tersebut.</p>2024-08-25T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semestahttps://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta/article/view/1151 Peningkatan Hasil Belajar Bimtik Dengan Menggunakan Media Pocket Book Digital Berbasis Flipbook Pada Siswa Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 10 Maros2024-09-19T04:15:00+00:00Ersyanda Yunarzateedho1508@gmail.comRahmat HRrahmathr1582@gmail.comNurindahnurindah@unismuh.ac.idSufrianti Kaunesufriantikaune29@guru.sma.belajar.id<p><em>Flipbook</em> merupakan media pembelajaran yang cukup inovatif, dan menarik untuk digunakan peserta didik. Dapat menyajikan materi dalam bentuk kata, gambar, yang beraneka warna sehingga mampu menarik perhatian peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peneningkatan hasil belajar BimTIK dengan menggunakan media pembelajaran <em>pocket book digital</em> berbasis <em>Flipbook</em> pada siswa kelas XI IIS 1 SMA Negeri 10 Maros. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar. PTK adalah bagaimana guru dapat mengorganisasi kondisi praktek pembelajaran dan belajar dari pengalamannya sendiri, dapat mencobakan gagasan perbaikan dalam praktek pembelajaran mereka, dan melihat pengaruh nyata dari upaya itu. Peneliti melibatkan satu kelompok untuk menggunakan desain penelitian yang diberi pretest lebih dahulu sebelum adanya treatment, kemudian diberi posttest untuk mengetahui bahwa treatment ditentukan dengan membandingkan nilai pretest dan nilai posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 10 Maros Kecamatan Simbang Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan kelas XI IIS 1 Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 24 siswa. Dengan menggunakan fitur pretest pada siklus 1 dan posttest pada siklus 2. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka diketahui adanya Peningkatan Hasil Belajar BimTIK Dengan Menggunakan Media <em>Pocket book digital</em> Berbasis <em>Flipbook</em> Pada Siswa Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 10 Maros. Pendapat tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Setelah menghitung rata-rata hasil pretest, diketahui bahwa hasilnya adalah 63,33% dan rata-rata nilai postest adalah 80,41%, dan nilai siswa meningkat sebesar 26,97%.</p>2024-08-25T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semestahttps://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta/article/view/1176Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Siswa SMK 2024-09-19T04:27:37+00:00Ma'rifatunnisamarifatunnisa031@gmail.comMuhrida JalilJalilmuhrida@gmail.comAndi Qurasyandiquraisy@unismuh.ac.idRamliahnaniramliah73@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi akademik siswa meningkat dengan bantuan Quizizz dan lingkungan pembelajaran IT pada siswa kelas X DKV SMK Negeri 2 Maros. PTK merupakan suatu cara bagi guru untuk mengatur pengaturan praktik mengajar dan belajar dari pengalaman belajarnya, menguji ide-ide untuk meningkatkan praktik mengajar, dan melihat dampak nyata dari upaya tersebut. Cara tindakan dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan permasalahan yang telah dijelaskan di atas adalah dengan mengidentifikasi masalah, kemudian menganalisis masalah, kemudian mempertimbangkan solusi yang berbeda dan mengambil keputusan tentang solusi yang tepat, mengambil tindakan. Penelitian ini menggunakan tes sebagai metode pengumpulan datanya. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test, tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Metode Penelitian Tindakan Kelas (CART) diperbaiki berdasarkan pengujian selama 2 siklus dan 8 kali pertemuan. Hal ini didukung dengan data dari data integritas hasil belajar siswa. Pada Siklus I persentase hasilnya dibawah 75%, sedangkan pada Siklus II hasilnya meningkat yaitu 76,5%.</p>2024-08-25T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semestahttps://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta/article/view/770Kurangnya Minat Siswa Terhadap Penerapan Smart School Di SMAN 13 Pangkep 2024-09-19T04:56:53+00:00Nursandi syam sandisyam27@gmail.comMuhhammad Aras Alfariziarasmuh05@gmail.comKaharuddinkaharuddin@unismuh.ac.id<p>Pemerintah Indonesia memiliki beragam program untuk meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya program smart school, smart school adalah system yang diciptakan seluruh aspek yang ada di sekolah, mulai dari proses pembelajaran hingga sarana dan prasana dengan tujuan mempermudah proses belajar mengajar agar menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi dan minat siswa dalam program smart school di SMAN 13 Pangkep. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif, dengan pendekatan ini peneliti menggali informasi secara ilmiah tentang pelaksanaan kebijakan pemerintah di Kabupaten Pangkep. Sedangkan tipe penelitian yang digunakan peneliti adalah tipe studi kasus. Sumber data utama adalah kata-kata dan tindakan para responden kunci yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik dalam menggali data adalah melalui pengamatan, wawancara. Hasil penelitian dari tiga indicator yang meliputi Modernisasi informasi, tontonan yang mengandung informasi positif di area lingkup sekolah dan wadah kreatifititas siswa di bidang desain dan tulis menulis dalam program smart school menunjukkan bahwa program ini belum terlaksana secara maksimal pada sekolah yang melaksanakan program smart school.</p>2024-08-25T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semestahttps://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta/article/view/1244Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Menggunakan Media E-Book SD 1 Muhammadiyah Turikale2024-10-03T04:16:55+00:00Abd Rajabrajabchoro@gmail.comMagfirahmagfirahmuhammadiah@gmail.comNurfadillah Y.A Dewadewadilla3@gmail.comMuhammad Nabilpinrang2303@gmail.comSafar Muhayminsafarmuhaymin30@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa menggunaan media E-Book di SD 1 Muhammadiyah Turikale. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian ini adalah kelas III yang berjumlah 33 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama 3 pekan. Pelaksanaan tindakan ini dilaksanakan selama tiga pekan, setiap pekannya mencakup pembelajaran dan penilaian. Penyajian materi siklus pertama dimulai tanggal 14 September 2023 dan tes siklus pertama pada tanggal 18 September 2023. Penyajian materi siklus kedua dimulaitanggal 19 September 2023 dan tes siklus kedua dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa siklus I mencapai rata-rata 73,3%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88,5%. Kontribusi penerapan media pembelajaran <em>Wordwall </em>terhadap peningkatan minat belajar siswa sangat signifikan artinya berada pada kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru menerapkan media <em>E-book </em>dalam pembelajaran berhasil meningkatkan kemampuan membaca siswa SD 1 Muhammadiyah Turikale.</p>2024-08-25T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semestahttps://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta/article/view/1200Penerapan Teknik Mistake Buster Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas XI Dalam Membuat Kalimat Simple Present Di SMAN 9 Maros2024-09-25T03:31:57+00:00Andi Isnaeniandiisnaeni@bg.unismuhmakassar.ac.idNindi Julia Anggreninindijulia@bg.unismuhmakassar.ac.idMuh. Aqsan Ismailmaqsan@bg.unismuhmakassar.ac.idWarda Restiyani Syamsulwardrestiyani@bg.unismuhmakassar.ac.idUmmi Khaerati Syamummikhaeratisyam@unismuh.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa Kelas XI dalam membuat kalimat <em>simple prese</em><em>n</em><em>t</em> di SMAN 9 Maros dengan menggunakan Teknik <em>Mistake Buster</em> dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas XI MIPA 5 yang berjumlah 33 siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik <em>cluster random sampling</em> serta menggunakan tes evaluasi bagi siswa sebagai instrumen penelitian. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan selama 2 siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2 yang dimana setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Kedua siklus ini menuju pada peningkatan kemampuan siswa serta pelaksanaan tindakan. Adapun hasil yang diperoleh peneliti dari penerapan Teknik <em>Mistake Buster</em> ini, yaitu hasil dari tes evaluasi siswa kelas XI MIPA 5 di SMAN 9 Maros dengan menerapkan Teknik <em>Mistake Buster</em> dalam pembelajaran Bahasa Inggris mengalami peningkatan dimana hasilnya dapat dilihat pada perolehan hasil belajar siswa yang meningkat dari nilai rata-rata 72 menjadi nilai rata-rata 81. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan Teknik <em>Mistake Buster</em> dalam pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan siswa Kelas XI dalam membuat kalimat <em>simple present</em>. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan dari siklus 1 hingga siklus 2.</p>2024-08-25T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semestahttps://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta/article/view/1238Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Picture Pada Kelas VI UPTD SD Negeri 146 Barambang 12024-09-25T03:46:06+00:00Yuniaryuniarbayu216@gmail.comSulpardina Rifaisulfardinarifai@gmail.comFarina Nur Mahdifarinaaaa024@gmail.comDea Novitadeanovita19122002@gmail.comDiska Muna Mandikadiskamunamandika@gmail.comRezky Ayu Arianirezkyayu490@gmail.com<p>Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui model pembelajaran picture pada kelas IV UPTD SD Negeri 146 Barambang 1 Kabupaten Maros.Penelitian ini bertujuan melihatkeberhasilan penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Target penelitian ini adalah untuk menemukan masalah terhadap kondisi siswayang selama ini menggunakan model pembelajaran yang biasa maka hasil pembelajaran tidak mendapat hasil yang maksimal. Dengan menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SDN 146 Barambang 1 Kecamatan Mandai.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Sampel dan populasi adalah siswa kelas UPTD SD Negeri 146 Barambang 1 Kabupaten Maros, yang masing-masing berjumlah 18siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui adanya keberhasilan penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa IndonesiaHasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pembelajaran melalui model pembelajaran picture telah terlaksana dengan baik.<a name="_Toc151058087"></a>Pada tahap ini peneliti mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar tes siswa, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran picture and picture.</p>2024-08-25T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semestahttps://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta/article/view/1164Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Outing Class Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V A UPTD SDN 145 Inpres Pampangan2024-09-25T03:54:26+00:00Muh Niamur Ridho Niamniamsa019@gmail.comSri Rahayu srirahayu@unismuh.ac.idMuh Iqram Marlismuhiqram578@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan meode pembelajaran outing class pada mata pelajaran IPAS kelas V A SDN 145 Inpres Pampangan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian ini adalah V A yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 23 laki-laki dan 10 perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama 3 pekan. Pelaksanaan tindakan ini dilaksanakan selama tiga pekan, setiap pekannya mencakup pembelajaran dan penilaian. Penyajian materi siklus pertama dimulai tanggal 14 September 2023 dan tes siklus pertama pada tanggal 18 September 2023. Penyajian materi siklus kedua dimulai tanggal 19 September 2023 dan tes siklus kedua dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa siklus I mencapai rata-rata 73,13%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 91,54%. Kontribusi penerapan metode pembelajaran outing class terhadap peningkatan hasil belajar siswa sangat signifikan artinya berada pada kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru menerapkan metode pembelajaran outing class dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V A UPTD SDN 145 Inpres Pampangan.</p> <p> </p> <p> </p> <p> </p>2024-08-25T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semestahttps://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta/article/view/1186Peningkatan Kemampuan Menyimak Teks Eksplanasi Melalui Media Audio Visual Kelas VIB UPTD SDN 127 Inpres Moncongloe2024-09-26T07:02:17+00:00A Resky Ameliaandireskyamelia506@gmail.comEsti Dwi Ameliaestidwiamelia@gmail.comEka Putriekaputri8767@gmail.comNur Afifahnurafifahkamal8@gmail.comDesy Ayu Andhiradesiayuandira@unismuh.ac.id<h2>Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keberhasilan penggunaan media audio visual dalam keterampilan menyimak dan efektifitas siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIB UPTD SDN 127 Inpres Moncongloe. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas VI B UPTD SDN 127 Inpres Moncongloe yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terbagi menjadi dua yaitu lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari pra siklus ke siklus II. Hal ini bisa dilihat dari hasil tes yang telah disajikam sudah ada peningkatan dari prasiklus ke siklus pertama. Di lihat dari persentase dari prasiklus sebesar 42,92% menjadi 63,69% di siklus pertama lalu, pad siklus II ternyata para siswa sudah menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan tingkat dibandingkan dengan persentase dari siklus I sebesar 15% sehingga peningkatannya mencapai 78,81 % sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini memberikan peningkatan terhadap keterampilan menyimak teks eksplanasi siswa.</h2> <h2> </h2>2024-08-25T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semestahttps://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta/article/view/1193Peningkatan Kemampuan Menulis Dan Menyimak Kalimat Melalui Media Kartu Kalimat Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II UPTD SDN 156 Inpres Tamala’lang2024-10-02T03:20:33+00:00Nurwahida Asnurwahidaas29@gmail.comNurwahidahwahidahn916@gmail.comMila Aulia Septianimilaauliaa586@gmail.comMuhammad Yaumil Aslam Hyaumilaslam55@gmail.comIskandariskandar@unismuh.ac.idIdawatiidafadollah@gmail.com<h2><strong>Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keberhasilan menulis kalimat melalui kartu kalimatpada pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II UPTD SDN 156 Inpres Tamala’lang. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas II UPTD SDN 156 Inpres Tamala’lang yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terbagi menjadi dua yaitu lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari pra siklus ke siklus II. Hal ini bisa dilihat dari hasil tes yang telah disajikam sudah ada peningkatan dari prasiklus ke siklus pertama. Di lihat dari persentase dari prasiklus sebesar 42,92% menjadi 63,69% di siklus pertama lalu, pad siklus II ternyata para siswa sudah menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan tingkat dibandingkan dengan persentase dari siklus I sebesar 15% sehingga peningkatannya mencapai 78,81 % sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini memberikan peningkatan terhadap keterampilan menyimak teks eksplanasi siswa.</strong></h2>2024-08-25T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semestahttps://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta/article/view/1188Penerapan Model Pembelajaran Berbasis TGT (Team Games Tournamen) SMA Negeri 14 Maros2024-10-02T03:28:12+00:00Reski Amalia Salamreskiamaliasalam3@gmail.comRahmayantirhmyanti18@gmail.comAnanda Ulya Natasyanndlyntsy@gmail.comAnanda Amaliaanandaamalia2016@gmail.comNurhikmahnhcuteee1004@gmail.com<p>Menggunakan strategi pembelajaran kooperatif seperti TGT <em>(team games turnamen) </em>pada kelas XI di SMAN 14 MAROS dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Siswa sangat menyukai teknik pembelajaran ini, namun terdapat kendala antara lain guru kurang memberikan perhatian, materi pembelajaran kurang, dan sikap yang tidak baik dalam memimpin kelompok. Para peneliti telah menemukan bahwa instruktur perlu menanggapi paradigma pembelajaran ini dengan lebih matang untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan.Layanan ini diberikan atas komitmen untuk menerapkan paradigma pembelajaran berbasis TGT. Pendampingan dilakukan dengan cara kooperatif, kompetitif, dan individualistis. Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiayah Makassar dan sekolah SMAN 14 MAROS berkolaborasi dalam proyek Penguatan Profesi Guru (P2K). Proyek ini dinamakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), atau sederhananya Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan di dalam kelas dengan tujuan meningkatkan standar pengajaran. 1) Presentasi kelas merupakan langkah awal dalam mempraktekkan TGT. 2) Belajar dalam kelompok yaitu, dalam tim. 3) Hiburan (video game). Dan 4) Turnamen.</p>2024-08-25T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semestahttps://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta/article/view/1209Pemanfaatan Media Papan Kotak Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Satuan Panjang Kelas III UPTD SDN 104 Inpres Makkaraeng2024-10-02T03:46:29+00:00Arini Wijayantiarhiiniw10@gmail.comNurdesianadesiananur02@gmail.comAndi Mulawakkan Firdaus andi.mulawakkan@unismuh.ac.id<p>Based on the initial data in the class III SDN 104 Inpres Makkaraeng, found problems in mathematical learning on the unit material is less student understanding due to the absence of learning media, so students are inactive, bored not even master the material. The purpose of this study is to know 1) the process of using the Board of Media Board on Mathematical Lesson Matches Limit and 2) Increasing Student Learning Results on Large Unit Machine through the use of media board. The research used used is the course of classroom action (PTK) there are 2 cycles. In each cycle consists of planning, coercion, observation and reflection. The location of the study was SDN 104 Inpres Makkaraeng, Mandai District, Maros Regency who was mended in September to November 2023.. This research instrument is an interview sheet, observation sheet, and initial exam (cycle I) and final exam (cycle II). The results showed the use of boxed media boards can improve student learning outcomes that achieved values above KKM (75) with the percentage of solvent learning results, student solvement by 69% with uncontentable category. There was an increase in cycle II with a student solvent score of 95.6%. In cycle I, many students who are completely numbered 16 and not completed amounted to 7 students. The average student learning outcome in the II cycle of 85.86 and is included in the CTM Security category. In addition, in the table can be known that the percentage of KKM completeness is 95.6% with the number of 22 students who are completed and only 1 unpondent student. Based on the research it can be concluded that learning unlimited mathematical learning with the utilization of the long-term board box can be successful, so it can be made one alternative solution to lift the learning of mathematics in SDN 104 Inpres Makkaraeng.</p>2024-08-25T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semestahttps://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta/article/view/1194Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penyelesaian Masalah Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V UPTD SDN 104 Inpres Makkaraeng Kabupaten Maros2024-10-02T03:55:16+00:00D. Wulan Azzahraazzahradwulan@gmail.comNurul Awalyahnurulawalia2410@gmail.comSri Raldiastarisriraldiastari28032003@gmail.comMaria Sulfamariasulfa05@gmail.com<p>Pembelajaran yang masih cenderung menggunakan metode ceramah dan model-model konvensional membuat pembelajaran di kelas V SDN 104 Inpres Makkaraeng berpusat pada guru sehingga tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif, hal ini berpengaruh terhadap kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Adapun penelitian ini, merumuskan masalah “Bagaimana Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah dengan Menggunakan Model <em>Problem Based Learning</em> pada Siswa Kelas V UPTD SDN 104 Inpres Makkaraeng. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Agar pembelajaran dalam kelas juga tidak berlangsung secara monoton dan terjadi hanya satu arah sehingga siswa dapat terlibat aktif selama pembelajaran. Kegiatan pembelajaran pada siklus I menggunakan model <em>PBL </em>dengan bantuan LKPD belum mencapai hasil yang maksimal dikarenakan jumlah siswa yang belum mampu untuk mengutarakan pendapat ataupun mampu berpikir secara lebih kritis selama pembelajaran berlangsung masih lebih tinggi dibanding jumlah siswa yang mampu. Pada siklus II ini peneliti tidak hanya menggunakan model <em>Problem Based Learning </em>(<em>PBL</em>) dan LKPD tetapi juga menggunakan bantuan media ajar bergambar. Diperoleh kesimpulan bahwa model <em>Problem Based Learning </em>(<em>PBL</em>) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V UPTD SDN 104 Inpres Makkaraeng, Desa Tenrigangkae Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Hal ini dibuktikan dengan persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 21% dan mengalami peningkatan sebesar 40% menjadi 87% pada siklus II. Kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian masalah siswa kelas V UPTD SDN 104 Inpres Makkaraeng dengan menggunakan model <em>Problem Based Learning</em> telah mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Di siklus II, siswa telah mencapai indikator keberhasilan.</p> <p> </p>2024-08-25T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta