THE IMPACT OF THE GOVERNMENT POLICY STRINGENCY OF LEARNING FROM HOME DURING PANDEMIC COVID-19 ON STUDENTS’ BEHAVIOR IN ENGLISH LEARNING AT SMP NEGERI 2 TANETE RILAU
DOI:
https://doi.org/10.56983/ijp.v2i1.459Keywords:
Impact, Behavior, Students LearningAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku siswa selama proses pembelajaran bahasa Inggris berlangsung baik dari segi perilaku positif maupun perilaku negatif siswa di SMP Negeri 2 Tanete Rilau.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang melibatkan satu jenis instrumen dalam pengumpulan data yaitu wawancara. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Rilau yang terdiri dari satu kelas. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.Data dianalisis dengan melihat perilaku siswa selama proses pembelajaran.Dampak yang dialami siswa selama proses pembelajaran adalah dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya siswa dapat membantu sebagian pekerjaan orang tuanya di rumah, siswa tidak merasa lelah di sekolah. Sedangkan dampak negatif yang dialami siswa adalah tidak pahamnya materi pembelajaran, kurangnya akses internet yang terkadang kehabisan kuota saat pembelajaran.
References
Antara, & Prima, E. (2020). Pembelajaran Daring Pengaruhi Jiwa Anak, Perlu Antisipasi
Cepat. TEMPO.CO.
Ashari , M. (2020)Proses Pembelajaran Daring di Tengah AntisipasiPenyebaran Virus Corona
Dinilai Belum Maksimal 20 Maret. https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01353818/proses- pembelajaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona-dinilai-belum-maksimal
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., &Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. JurnalObsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.310044/obsesi.v5il.579
Baber, H. (2020). Determainants of students’ perceived learning outcome & satisfaction in Online learning during the pandemic of Covid-19. Journal of Education an el-Learning Research, 7(3), 285-292.
Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning During COVID-19 Pandemic: Chinese parent’s beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review 118(June), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440
GugusTugasPercepatanPenanganan COVID-19 Indonesia. (2020) Data COVID-19 Global & Indonesia. https://covid19.go.id/
Purwantodkk. 2020. StudiEksploratifDampakPandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal Of Education, Physcology, and Counselling. Volume 2 No. 1
Putra, R. S., &Irwansyah, I. (2020). Media Komunikasi Digital, EfektifNamunTidakEfesien, Studi Media Richness Theory dalamPembelajaran Jarak JauhBerbasisTeknologi di Masa PandemiGlobal Komunikasi: JurnalIlmuSosialdaanIlmuPolitik, I (2), 1-13
Radyati, A. (2020). Persepsimahasiswatentang E-learning google Classroom berpengaruh Pada minat dan motivasibelajar. https://doi.org/102653/teraputik.42468
Rasmaradilla, R., Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih. E., Nurtanto, M.,&Tambunan, A. R S. (2020). The Perceptions of primary school teacher of online learning during the COVID-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Eyhnic and Cultural Studies, 7(2). 90-109.
Rowely, J. (2021). Conducting research Interviews. Management Research Review.
Sun, L., Tang, Y., &Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online. Nature Materials
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Psycholinguistics
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.