https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/issue/feedJurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)2024-07-19T06:30:37+00:00Ardiana, S.Pd., M.Pd.ukpi@fkip.unismuhmakassar.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP) merupakan jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar. JKIP mempublikasikan artikel ilmiah terkait ilmu keguruan dan pendidikan. Diantaranya bidang pendidikan bahasa Inggris, pendidikan bahasa Indonesia, pendidikan seni rupa, pendidikan fisika, pendidikan sosiologi, pendidikan matematika, pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan anak usia dini, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, teknologi pendidikan, pendidikan biologi.</p>https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/1528LEARNING VOCABULARY BASED ON EDUCATION ENVIRONMENT 2024-07-19T03:52:53+00:00Marhaeni Sabilmarhaenisabil@yahoo.com<p>The writer focused on problem statement into one question as follow: Can education environment develop students’ vocabulary of STIE Amkop Makassar?<strong>. </strong>This study aims to find out that education environment can develop students’ vocabulary of STIE Amkop Makassar. The significant of this study is expected to give useful information on English teaching and learning process, especially in learning English vocabulary based on education environment. In this case the researcher used experimental as a research method, and She used random sampling technique in chooosing sample. Vocabulary test as research instrument, it consist of 20 items, then pretest and posttest was used to collected data, statistic analysis as a techniques of data analysis. Based on the result of the data analysis and the discussion of the result in the previous chapter, the writer would like to put forward conclusion that the school environment is a good medium in teaching-learning process specially to develop students’ vocabulary of STIE Amkop Makassar.</p>2015-12-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2015 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/1529PERANAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA UNISMUH MAKASSAR2024-07-19T04:02:04+00:00Jumiati Nurminurmus@gmail.com<p>Pendidikan Kewarganegaraan mengemban misi dari tujuan Pendidikan Nasional untuk mewujudkan peserta didik yang berilmu dan berkarakter mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi materi Pendidikan Kewarganegaraan dengan konsep Pendidikan Karakter dan pengintegrasian Pendidikan Karakter oleh guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Unismuh Makassar, serta implementasi peserta didik terhadap nilai-nilai karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) relevansi materi pendidikan kewarganegaraan dengan konsep pendidikan karakter di SMP Unismuh Makassar Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Relevansi materi Pendidikan Kewarganegaraan dengan konsep pendidikan karakter di SMP Unismuh Makassar adalah mengintegrasikan nilai-nilai karakter dari pendidikan karakter yang relevan dengan materi Pendidikan Kewarganegaraaan pada proses pembelajaran; (ii) pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui tiga tahapan yaitu: 1) tahap perencanaan, 2) tahapan pelaksanaan pembelajaran, dengan dan tahap penilaian; (iii) implementasi nilai-nilai karakter pada peserta didik SMP Unismuh Makassar, merupakan wujud dari pengembangan nilai-nilai karakter yang dilakukan pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui pembiasaan baik di dalam kelas maupun di luar kelas.</p>2015-12-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2015 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/1530PERSPEKTIF MAHASISWA PRODI PG PAUD TENTANG PENGAJARAN ENGLISH PRONUNCIATION MELALUI PENGENALAN SIMBOL IPA 2024-07-19T04:08:54+00:00 Hepy Adityarini hepy.adityarini@ums.ac.id<p>Sekarang ini karena tuntutan jaman, pengajaran bahasa Inggris untuk mempersiapkan guru-guru PAUD dalam memberikan model English pronunciation amatlah penting sehingga setelah mereka lulus mereka siap dalam memberikan model English pronunciation yang baik kepada siswa-siswanya kelak. Mengingat mahasiswa PG PAUD dapat digolongkan dalam pembelajar dewasa maka pengenalan simbol IPA dianggap cocok dengan karakteristik mahasiswa PG PAUD. Akan tetapi perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana keberterimaan mahasiswa prodi PG PAUD terhadap pengenalan simbol IPA dalam pengajaran English pronunciation. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa penting mempelajari simbol IPA menurut pandangan mahasiswa PG PAUD, mendeskripsikan manfaat yang diperoleh mahasiswa prodi PG PAUD dalam mempelajari simbol IPA, dan mendeskripsikan kesulitan yang dialami mahasiswa prodi PG PAUD dalam mempelajari simbol IPA. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket terbuka dan tertutup yang diisi 47 mahasiswa Prodi PG PAUD UMS angkatan 2013/2014 yang mengikuti mata kuliah Micro Teaching in English. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun semua responden menyatakan mempelajari simbol IPA itu penting namun mereka masih mengalami kesulitan dalam mempelajarinya.</p>2015-12-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2015 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/1532THE STUDENTS’ ATTITUDE IN EFL CLASSROOM AT MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF MAKASSAR2024-07-19T06:21:29+00:00Abd Rajabrajabchoro@gmail.com<p>Successful learners are enthusiastic, exhibit confident attitudes toward learning have positive expectations from it and do not experience anxiety about learning. Because the attitude toward learning one has inevitably in fluency the outcomes, the more positive attitudes one has, the better he or she performs in learning. The objectives of this research was to find out the students’ attitude toward lecturer’s explanation at Muhammadiyah University of Makassar. This research employed descriptive Quantitative. The participants of this research were 38 students in F class and 2 Lecturers at Muhammadiyah University of Makassar. The result of the research were collected through the use of Questionnaires and audio-video camera, and then it was calculated and transcribed to be analyzed. The result of research from the questionnaire that was distributed to the 38 students consists of 20 items and open ended question show The Students’ attitudes toward lectures explanation at Muhammadiyah University of Makassar were good attitude (82).It was the students’ students’ attitude toward lecturer’s explanation in EFL classroom at University Muhammadiyah of Makassar is positive. The Students have positive attitude toward lecturer in presenting the material in the classroom. Besides that, they perceive that teacher’s explanation that showed by the lecturer are prepare, enthusiasm, summarizing, good explanation, sympathy, friendly. Good characteristics of lecturers’ explanation in EFL classroom at University Muhammadiyah of Makassar. The lecturers always make a good explanation in presenting the materials, namely; prepare before teaching, giving the example from simple to complicated, the lecturers always checking understanding of the students, explaining the material more than one if the material is difficult, and making summarizing of the end in teaching process.</p>2015-12-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2015 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/1533SEMIOTIK DALAM ANTOLOGI PUISI “DARI AMERIKA KE CATATAN LANGIT” KARYA DENDY SUGONO DAN ABDUL ROZAK ZAIDAN2024-07-19T06:30:37+00:00Anin Asnidar aninasnidar.pose@yahoo.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komponen tanda, tingkatan tanda dan relasi antar tanda dalam antologi puisi ”Dari Amerika ke Catatan Langit”</em><em>. Penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca, klasifikasi, dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi yang mencakup identifikasi, klasifikasi, analisis, interpretasi, dan konfirmasi. Data dalam penelitian ini adalah semiotik yang terdapat dalam antologi puisi “Dari Amerika ke Catatan Langit” karya Dendy Sugono dan Abdul Rozak Zaidan. Sumber data penelitian adalah buku antologi puisi “Dari Amerika ke Catatan Langit” karya Dendy Sugono dan Abdul Rozak Zaidan. Yang di dalamnya mengandung 32 puisi. Dari 32 puisi tersebut, dipilih 5 kategori sebagai puisi terbaik yaitu (1) “Ikhlas” karya Abizai, (2)”Lalat dalam Shalat” karya Abizai, (3) “Diakhir perjalanan” karya Awang Suaip bin Haji Abdul Wahab,(4) “Suria” Karya Hajah Shaharah binti Dato Paduka Haji Abdul Wahab (5) “Shalat” karya Hajah Shaharah binti Dato Paduka Haji Abdul Wahab.</em><em>Hasil analisis terhadap puisi dengan menggunakan pendekatan semiotik, menemukan beberapa makna, diantaranya adalah pembacaan dalam antologi puisi “Dari Amerika ke Catatan Langit.” Analisis yang dilakukan terhadap antologi puisi “Dari Amerika ke Catatan Langit” hanya menyentuh sebagian kecil wilayah pembicaraan semiotik, yakni mengungkapkan komponen tanda, tingkatan tanda, relasi antar tanda dari lima puisi yang terpilih. Dengan begitu, masih luas wilayah yang dapat dikaji oleh peneliti lain. Sebab ruang lingkup kajian semiotik terhadap puisi sangat luas. </em></p>2015-12-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2015 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)