Sekolah Literasi : Menumbuhkan Nalar Kritis Generasi Muda Menuju Era 5.0 di SMP Negeri 3 Segeri dan Yayasan ArRahman Jawi -Jawi

Penulis

  • Idrus Idrus Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Nur Fadillah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muh Sharul Nizam Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Noer Fitri Awaliyah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Fahmi Fahmi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Eva Karlina Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rusyda Rusyda Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Widya Negsih Tampudu Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Putri Indasari Universitas Muhammadiyah Makassar

Kata Kunci:

Keorganisasian, public speaking

Abstrak

Tulisan ini menggambarkan tentang pemahaman literasi dituangkan melalui sekolah literasi dengan
berbagai kreasi yang dimiliki para mahasiswa yang diberikan kepada siswa. Kreatifitas tersebut dilakukan
oleh para mahasiwa KKP kelurahan bone kecamatan segeri kabupaten pangkep pada saat kegiatan
pengabdian kuliah kerja profesi. Sekolah literasi ini merupakan kegiatan untuk menumbuhkan semangat
siswa dalam membangun potensi diri mereka dalam materi yang di berikan dengan sangat jelas sehingga
mereka mampu untuk memahaminya secara baik untuk para siswa, dan pembawa materi yg sangat luar
biasa sehinggah mampu memahami khalayaknya dalam memahami materi yg di berikan dalam
mengembangkan potensi diri siswa, sekolah literasi ini dapat mampu memberikan pelajaran bagi siswa
agar kritis dalam kenyikapi persoapan kepemimpinan dan keorganisasian dalam menyikap ruang lingkup
sekolah dan bagi diri mereka sendiri. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana siswa memahamu diri
dalam membagun potensi diri merka dalam menghadi perkembangan zaman di era 5.0. Tujuannya adalah
agar siswa memiliki nalar keritis dalam menyikapi perkembagan zaman dan mampu memhami dengan baik
apa arti kepemimpinan dalam diri siswa sebelum memimpin dalam lingkup yang luas. Hasil yang di peroleh
adalah siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sekolah literasi ini untuk membagun potensi diri
mereka untuk lebih baik kedepannnya

Referensi

Ahmad, D. (2020). Pendidikan karakter di era digital: peran guru dalam membentuk kepribadian siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(1), 45–52.

Agustini, R., & Sucihati, M. (2020, May). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Literasi Digital sebagai strategi menuju Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Arti, M. (2020, May). Tantangan sekolah dan peran guru dalam mewujudkan pembelajaran bahasa yang efektif di era 4.0 menuju masyarakat 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Fitriani, E. (2021). Literasi digital di kalangan guru sekolah dasar: studi kasus di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 213–224.

Hadiapurwa, A., Riani, P., Yulianti, M. F., & Yuningsih, E. K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar untuk membekali Kompetensi Generasi Muda dalam Menghadapi Era Society 5.0. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 115–129.

Handayani, S. (2021). Peran teknologi dalam mewujudkan pendidikan berkualitas di era society 5.0. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 34–41.

Nasution, M. I. (2020). Strategi pembelajaran abad 21 dalam menghadapi era society 5.0. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 161–166.

Ningsih, R., & Nugroho, A. (2021). Tantangan pembelajaran daring dalam penguatan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 54(2), 114–121.

Purwanto, A., Asbari, M., Santoso, P. B., & Wijayanti, L. M. (2020). Studi eksploratif peran teknologi digital dalam pendidikan karakter generasi Z. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(2), 85–92.

Santoso, K. A. (2019, Maret 11). Pendidikan Untuk Menyambut Society 5.0. Retrieved from Tekno Tempo: https://tekno.tempo.co

Sari, M. R., & Anugrahana, A. (2021). Digitalisasi pembelajaran dan tantangannya dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 88–95.

Syahrul, S., & Azizah, N. (2022). Transformasi pendidikan Indonesia: antara tantangan dan harapan menuju society 5.0. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 55–64.

TANGGUR, F. S. (2022). Literasi digital dalam perspektif guru di wilayah pedesaan Pulau Timor. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(2), 286–294.

Wahyuni, S., & Rahmawati, R. (2020). Kesiapan guru dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk pembelajaran di era society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 77–83.

Yuliana, Y. (2020). Pendidikan di era new normal: tantangan dan peluang. Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 8(2), 21–30.

Diterbitkan

2025-05-30

Cara Mengutip

Idrus, I., Fadillah, A. N. ., Nizam, M. S. ., Awaliyah, N. F. ., Fahmi, F., Karlina, E., Rusyda, R., Tampudu, W. N., & Indasari, P. (2025). Sekolah Literasi : Menumbuhkan Nalar Kritis Generasi Muda Menuju Era 5.0 di SMP Negeri 3 Segeri dan Yayasan ArRahman Jawi -Jawi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Selatan (JPMNAS), 4(1), 8–21. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jpmnas/article/view/1831

Terbitan

Bagian

Articles
Loading...