Difabel di Pusat: Artificial Intelligence dan Bazar Platform sebagai Medium Inklusif Sistem Edukasi

Penulis

  • Anjani Betty Afriani Universitas Ahmad Dahlan
  • Gesilia Wilmanda Universitas Ahmad Dahlan
  • Afdri Jiyaris Gamaradika Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.56983/prosidingkemahasiswaan.v1i1.1446

Abstrak

Pendidikan di Indonesia saat ini menuntut penguasaan teknologi digital guna meningkatkan kualitas sivitas akademika. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi penyandang disabilitas dalam mengikuti perkembangan teknologi. Sehingga, diperlukan sistem pembelajaran yang dapat diimplementasikan siswa dengan mengedepankan aksesibilitas dan fleksibilitas. Fokus utama penelitian ialah mengidentifikasi solusi inovatif yang dapat meningkatkan aksesibilitas, kualitas, dan relevansi pendidikan melalui platform digital dan model bisnis bazar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana teknologi baru dimainkan, strategi pemasaran, dan model kolaboratif dapat diintegrasikan untuk meningkatkan efektivitas sistem pendidikan. Dengan demikian dapat memberikan kontribusi positif terhadap transformasi pendidikan, mempromosikan inklusivitas, dan memenuhi kebutuhan belajar masyarakat modern. Dalam merinci gagasan ini digunakan metode kualitatif deskriptif dan tinjauan literatur review untuk menjelajahi konsep dan temuan terkait objek penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan masa kejayaan teknologi, maka pembelajaran akan berjalan optimal melalui bahan ajar berbasis artificial intelligence khususnya Audiobook dan Augmented reality untuk penyandang disabilitas. Selain itu, dengan adanya inovasi platform dan bazar berkelanjutan tersebut dapat membuka peluang usaha yang dinilai sejalan dengan manfaat dan tujuan penelitian. Gagasan yang ditawarkan peneliti memberikan kontribusi mutakhir yang relevan guna mengoptimalkan wawasan teknologi di sekolah difabel, khususnya bagi penyandang tunanetra, tunarungu, dan tunawicara. Penerapan inovasi ini dapat membantu mengefisiensikan kegiatan program belajar mengajar dengan memberikan perspektif terkait media pembelajaran di era digital. Harapannya agar sivitas akademika terlibat secara aktif sehingga dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar. 

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-27

Cara Mengutip

Afriani, A. B., Wilmanda, G., & Gamaradika, A. J. (2023). Difabel di Pusat: Artificial Intelligence dan Bazar Platform sebagai Medium Inklusif Sistem Edukasi. Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.56983/prosidingkemahasiswaan.v1i1.1446