Mendekonstruksi Pendidikan Digital: Kurikulum the Output of Renewable Innovation is Progressing (OERIP) Sebagai Katalisator Transformasi Pendidikan Berbasis Riset dan Inovasi
DOI:
https://doi.org/10.56983/prosidingkemahasiswaan.v1i1.1449Abstrak
Dalam era revolusi digital, pendidikan menghadapi tantangan besar untuk bertransformasi. Penelitian ini mengeksplorasi dekonstruksi paradigma pendidikan digital melalui analisis terhadap Kurikulum the Output of Renewable Innovation is Progressing (OERIP) sebagai katalisator transformasi berbasis riset dan inovasi. Kewirausahaan, seringkali gagal mempersiapkan lulusan dengan keterampilan bisnis, mendorong penelitian ini. Studi literatur mengidentifikasi perkembangan terkini dalam pendidikan digital. Analisis komparatif OERIP dengan kurikulum digital lain menyoroti keunggulan, kelemahan, dan potensi dampaknya pada keberhasilan bisnis. Hasilnya menunjukkan OERIP sebagai pendekatan revolusioner, mendorong integrasi teknologi dan riset mendalam, serta menciptakan lingkungan pembelajaran adaptif. Transformasi ini diharapkan meningkatkan kualitas pendidikan dan membuka peluang bisnis di era digital, sembari mencatat tantangan implementasi dan adaptasi masyarakat. Simpulan penelitian memberikan pemahaman mendalam tentang potensi transformasi pendidikan digital dengan OERIP sebagai instrumen utama, memberikan panduan berharga bagi pengambil kebijakan, pendidik, dan pemangku kepentingan dalam memajukan pendidikan di era digital. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memandu perubahan pendidikan menuju adaptasi yang lebih baik terhadap tuntutan era digital dan juga memberikan landasan bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih efektif dan relevan