Sandlaga: Snake And Leader Game Untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Dalam Pelajaran IPS

Penulis

  • Mauludiyah Khoirunnisa Universitas Ahmad Dahlan
  • Solehatun Anisa Universitas Ahmad Dahlan
  • Zulva Ferdiana Kulsum Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.56983/prosidingkemahasiswaan.v1i1.1453

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ilmu sejarah melalui permainan ular tangga atau snake and leader game. Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Dasar kelas V dan VI. Pembelajaran ilmu sejarah merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan yang bertujuan untuk mengenalkan Sejarah nasional maupun internasional. Namun, seringkali siswa mengalami kesulitan dalam mengingat dan memahami sejarah-sejarah yang terjadi. Untuk mengatasi hal ini, pembelajaran ilmu sejarah perlu menerapkan suatu metode belajar yang menarik agar siswa dapat lebih tertarik dan mudah mengingat sejarah nasional maupun internasional. Artikel ini akan menjelaskan tentang pentingnya pengetahuan sejarah pada siswa. Dengan mengintegrasikan pembelajaran ilmu sejarah ke dalam permainan snake and leader, diharapkan dengan metode ini daya ingat siswa dapat ditingkatkan secara signifikan. Hal ini akan membangun dasar yang kuat bagi perkembangan minat mereka dalam Pelajaran ilmu sejarah.

Biografi Penulis

Mauludiyah Khoirunnisa, Universitas Ahmad Dahlan

Program Studi Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi Terapan

Solehatun Anisa, Universitas Ahmad Dahlan

Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat

Zulva Ferdiana Kulsum, Universitas Ahmad Dahlan

Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-27

Cara Mengutip

Khoirunnisa, M., Anisa, S., & Kulsum, Z. F. (2023). Sandlaga: Snake And Leader Game Untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Dalam Pelajaran IPS. Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan, 1(1), 48–51. https://doi.org/10.56983/prosidingkemahasiswaan.v1i1.1453