EcoFun Sebagai Media Pembelajaran Anak Sekolah Dasar Agar Lebih Peduli Lingkungan

Penulis

  • Bayu Ismail Universitas Ahmad Dahlan
  • Taufan Ali Universitas Ahmad Dahlan
  • Muhammad Ramadhani Universitas Ahmad Dahlan
  • Muhammad Zaouro Asshowabi Universitas Ahmad Dahlan
  • Rambu Adima Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.56983/prosidingkemahasiswaan.v1i1.1454

Abstrak

Artikel ini membahas peran inovatif permainan EcoFunopoly dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran lingkungan pada anak-anak. Dalam konteks pendidikan Indonesia, di mana permasalahan lingkungan semakin meningkat, pendekatan inovatif seperti EcoFunopoly menjadi krusial. Permainan ini tidak hanya menyuguhkan pendekatan edukatif yang menyenangkan tetapi juga melibatkan anak-anak dalam pemahaman dampak aktivitas sehari-hari terhadap lingkungan. Data menunjukkan bahwa kurangnya pemahaman tentang pengelolaan lingkungan menjadi penyebab utama permasalahan lingkungan di Indonesia. Melalui pendekatan interaktif EcoFunopoly, hasil penelitian terdahulu membuktikan peningkatan pemahaman anak-anak terhadap isu-isu lingkungan. Oleh karena itu, EcoFunopoly tidak hanya menjadi sarana pembelajaran efektif, tetapi juga menjadi kunci dalam membentuk generasi yang peduli terhadap lingkungan dan berkontribusi pada solusi permasalahan lingkungan yang ada.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-27

Cara Mengutip

Ismail, B., Ali, T., Ramadhani, M., Asshowabi, M. Z., & Adima, R. (2023). EcoFun Sebagai Media Pembelajaran Anak Sekolah Dasar Agar Lebih Peduli Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan, 1(1), 52–56. https://doi.org/10.56983/prosidingkemahasiswaan.v1i1.1454