Analisis Pengaruh Penutupan Tiktok Shop Terhadap Daya Jual Beli UMKM Di Pasar Tradisional

Penulis

  • Muqoyyimul Hisyam Ar Ridlo Universitas Ahmad Dahlan
  • Astrid Silpa Ivanka Universitas Ahmad Dahlan
  • Oktaviani Nur Istiqomah Universitas Ahmad Dahlan
  • Wisnu Aji Saputra Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.56983/prosidingkemahasiswaan.v1i1.1455

Abstrak

Salah satu platform e-commerce yang populer di Indonesia adalah Tiktok Shop. Penutupan Tiktok Shop menjadi sebuah tantangan bagi pelaku usaha UMKM di Indonesia untuk beradaptasi dengan perkembangan pasar menggunakan sistem digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan data dari kuisioner yang dibagikan kepada seratus responden pelaku usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi adaptasi pelaku usaha UMKM di Indonesia setelah penutupan Tiktok Shop. Analisis faktor-faktor tersebut ditujukan sebagai data valid untuk menyusun penelitian mengenai keberadaan Tiktok Shop yang dapat berpengaruh terhadap UMKM pasar tradisional di Indonesia. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa keberadaan Tiktok shop tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat daya jual beli UMKM di pasar tradisional.

Biografi Penulis

Muqoyyimul Hisyam Ar Ridlo, Universitas Ahmad Dahlan

Teknik Industri

Astrid Silpa Ivanka, Universitas Ahmad Dahlan

Bisnis Jasa Makanan

Oktaviani Nur Istiqomah, Universitas Ahmad Dahlan

Hukum

Wisnu Aji Saputra, Universitas Ahmad Dahlan

Sastra Inggris

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-27

Cara Mengutip

Ar Ridlo, M. H., Ivanka, A. S., Istiqomah, O. N., & Saputra, W. A. (2023). Analisis Pengaruh Penutupan Tiktok Shop Terhadap Daya Jual Beli UMKM Di Pasar Tradisional. Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan, 1(1), 57–63. https://doi.org/10.56983/prosidingkemahasiswaan.v1i1.1455