Embracing Mobile Learning In Education: Membuka Keuntungan, Menghadapi Tantangan, dan Menjelajahi Prospek Masa Depan

Penulis

  • Syafrillah Najjar Universitas Ahmad Dahlan
  • Harni Oktasari Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.56983/prosidingkemahasiswaan.v1i1.1458

Abstrak

Pendidikan memiliki peran krusial dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia, karena merupakan suatu proses kehidupan untuk pengembangan diri untuk menciptakan individu berkualitas. Individu berkualitas yang dapat memberikan dampak positif terhadap kemajuan pembangunan bangsa. Dalam mewujudkan tujuan pendidikan, maka diperlukan implementasi berbagai aspek media pembelajaran yang relevan agar melahirkan generasi hebat. Oleh karena itu, diperlukan konsep dan desain yang sesuai untuk menciptakan lingkungan belajar yang efisien. Model Mobile Learning menjadi solusi yang mengadopsi prinsip kelangsungan dan kesinambungan dalam proses pembelajaran tanpa adanya batasan terkait waktu dan tempat. Dalam perspektif komunikasi, Mobile Learning tidak hanya dianggap sebagai teknologi komunikasi yang digunakan di dunia pendidikan, melainkan juga sebagai teknologi yang mempertimbangkan proses penerimaan oleh pengguna, yang telah menjadi salah satu arus utama dalam ranah pendidikan. Fokus utama penulisan ini terdiri dari dua aspek, yaitu pengembangan mobile learning pada masa yang akan datang dan rintangannya pada saat ini. Metodologi penelitian yang digunakan dalam paper ilmiah ini melibatkan studi pustaka, dengan merujuk pada hasil penelitian terdahulu, jurnal, atau sumber informasi teknologi yang relevan dengan permasalahan yang dibahas.

Biografi Penulis

Syafrillah Najjar, Universitas Ahmad Dahlan

Fakultas Sains

Harni Oktasari, Universitas Ahmad Dahlan

Teknologi Terapan

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-27

Cara Mengutip

Najjar, S., & Oktasari, H. (2023). Embracing Mobile Learning In Education: Membuka Keuntungan, Menghadapi Tantangan, dan Menjelajahi Prospek Masa Depan. Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan, 1(1), 74–83. https://doi.org/10.56983/prosidingkemahasiswaan.v1i1.1458