https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/issue/feed Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan 2024-02-21T04:34:40+00:00 Gunawan, S.Pd., M.Pd. gunawan@unimbone.ac.id Open Journal Systems <p>Transportasi pendidikan di era digital: inovasi teknologi untuk keberhasilan bisnis." Hari ini, kita memulai perjalanan untuk menjelajahi persimpangan antara teknologi dan pendidikan, menyelidiki kekuatan transformatif dari inovasi digital dan dampaknya yang besar pada lanskap bisnis. Di dunia kita yang berkembang pesat, di mana kemajuan teknologi membentuk kembali cara kita hidup dan bekerja, dunia pendidikan berada di garis terdepan dalam gelombang transformatif ini. Konvergensi ide, perayaan inovasi, dan komitmen untuk menavigasi lanskap pendidikan yang dinamis di era digital. Perpaduan antara pendidikan dan teknologi telah memunculkan peluang dan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, terutama dalam konteks bisnis. Era digital menuntut kita untuk mengevaluasi kembali paradigma pendidikan tradisional dan merangkul pendekatan inovatif yang mempersiapkan para siswa dan profesional untuk menghadapi tuntutan ekonomi global yang serba cepat dan saling terhubung. Wawasan, pengalaman, dan penelitian mereka akan berfungsi sebagai lampu penuntun, menerangi jalan menuju masa depan di mana pendidikan menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi, kesuksesan wirausaha, dan kemajuan masyarakat. Membedah studi kasus yang menunjukkan keberhasilan implementasi inovasi digital dalam pendidikan, dan kita akan terlibat dalam diskusi yang menggugah pikiran yang menantang persepsi kita dan menginspirasi ide-ide baru.</p> https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1446 Difabel di Pusat: Artificial Intelligence dan Bazar Platform sebagai Medium Inklusif Sistem Edukasi 2024-02-20T04:04:40+00:00 Anjani Betty Afriani anjani215030304@webmail.uad.ac.id Gesilia Wilmanda gesila@gmail.com Afdri Jiyaris Gamaradika afdri@gmail.com <p>Pendidikan di Indonesia saat ini menuntut penguasaan teknologi digital guna meningkatkan kualitas sivitas akademika. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi penyandang disabilitas dalam mengikuti perkembangan teknologi. Sehingga, diperlukan sistem pembelajaran yang dapat diimplementasikan siswa dengan mengedepankan aksesibilitas dan fleksibilitas. Fokus utama penelitian ialah mengidentifikasi solusi inovatif yang dapat meningkatkan aksesibilitas, kualitas, dan relevansi pendidikan melalui platform digital dan model bisnis bazar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana teknologi baru dimainkan, strategi pemasaran, dan model kolaboratif dapat diintegrasikan untuk meningkatkan efektivitas sistem pendidikan. Dengan demikian dapat memberikan kontribusi positif terhadap transformasi pendidikan, mempromosikan inklusivitas, dan memenuhi kebutuhan belajar masyarakat modern. Dalam merinci gagasan ini digunakan metode kualitatif deskriptif dan tinjauan literatur review untuk menjelajahi konsep dan temuan terkait objek penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan masa kejayaan teknologi, maka pembelajaran akan berjalan optimal melalui bahan ajar berbasis artificial intelligence khususnya Audiobook dan Augmented reality untuk penyandang disabilitas. Selain itu, dengan adanya inovasi platform dan bazar berkelanjutan tersebut dapat membuka peluang usaha yang dinilai sejalan dengan manfaat dan tujuan penelitian. Gagasan yang ditawarkan peneliti memberikan kontribusi mutakhir yang relevan guna mengoptimalkan wawasan teknologi di sekolah difabel, khususnya bagi penyandang tunanetra, tunarungu, dan tunawicara. Penerapan inovasi ini dapat membantu mengefisiensikan kegiatan program belajar mengajar dengan memberikan perspektif terkait media pembelajaran di era digital. Harapannya agar sivitas akademika terlibat secara aktif sehingga dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar. </p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1447 Fenomena Penggunaan QRIS dalam Pembangunan Ekonomi Kreatif Menuju Indonesia Emas 2045 2024-02-20T04:11:29+00:00 Amelia Putri Darwiyani amelia2115032098@webmail.uad.ac.id Anya Ahda Mahira mahira@gmail.com Merry Maharani merry@gmail.com <p>Revolusi industri 5.0 membawa perubahan kehidupan yang sangat pesat. Dimana perkembangan teknologi semakin canggih yang menjanjikan kemudahan manusia untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Dalam era ini turut hadir sistem pembayaran non tunai atau biasa dikenal dengan QRIS, yang memberikan manfaat yang cukup besar dengan memberikan kemudahan dan efisiensi bagi masyarakat. Namun, kemudahan yang diperoleh dari penerapan pembayaran tersebut juga memberikan dampak negatif terkait keberadaan sistem data dan jaringan. Salah satu contohnya adalah pengguna QRIS berpotensi menjadi lebih konsumtif dikarenakan banyaknya penawaran promosi dan cashback dalam penggunaan aplikasi tersebut dan terlalu sering mengikuti gaya hidup yang serba dinamis. Penelitian ini ditujukan untuk mengkaji tentang proses perkembangan teknologi digital yang mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat pesat sehingga mampu menimbulkan transformasi pada masyarakat. Sehingga perlu adanya regulasi hukum terkait penerapan QRIS untuk meminimalisir kejahatan para cyber yang marak menghantui masyarakat. Adanya penelitian ini juga membahas mengenai manfaat, dampak negatif dan kebijakan yang seharusnya dilakukan pemerintah dalam menghadapi perkembangan teknologi yang terjadi guna mewujudkan cita-cita Indonesia emas 2045. Penggunaan QRIS yang efisien ini turut serta dalam pembangunan ekonomi kreatif menuju Indonesia emas 2045. Dimana Indonesia emas 2045 menginspirasi generasi muda agar lebih bersemangat dalam belajar dan berkarya di segala bidang.</p> 2024-02-21T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1448 Pengaruh Permainan Edukasi Untuk Meningkatkan Computational Thinking Anak Usia 5-6 Tahun Menuju Society 5.0 2024-02-20T04:14:29+00:00 Nailah Hannah Mursyidah nailah2115014015@webmail.uad.ac.id Elke Aulia Putri Mardiana elke@gmail.com <p>Era Society 5.0 memiliki konsep teknologi big data yang dikumpulkan oleh Internet of Things (IoT) kemudian diubah oleh Artificial Intelligence (AI) (Ozdemir, 2018). Pesatnya teknologi membawa manusia pada data yang jumlahnya tidak sedikit. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan untuk problem solving di era digital yang salah satunya dapat dibentuk dengan Computational Thinking. Kemampuan ini perlu dilatih sejak dini karena sebelum menyelesaikan permasalahan yang lebih besar dan kompleks diperlukan untuk dilatih mulai dari permasalahan yang kecil. Kemudian melalui perkembangan akan semakin bisa menyelesaikan masalah yang lebih besar dan kompleks dengan menerapkan pola-pola penyelesaian yang telah dipelajari. Artikel ini memuat kajian literatur mengenai efektivitas game untuk meningkatkan computational thinking anak usia 5-6 tahun. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Game sebagai permainan edukasi yang mudah, menarik dan dapat meningkatkan kemampuan proses kognitif yang diperlukan seperti persepsi visual dan memori sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir komputasi pada anak usia 5-6 tahun.</p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1449 Mendekonstruksi Pendidikan Digital: Kurikulum the Output of Renewable Innovation is Progressing (OERIP) Sebagai Katalisator Transformasi Pendidikan Berbasis Riset dan Inovasi 2024-02-20T04:27:13+00:00 Bayu Aji 2215019264@webmail.uad.ac.id Ivani Kartika Cahyani Putri ivani@gmail.com Riandra Restu Mahestra mahestra@gmail.com Staniya Uswatun Khasanah uswatun@gmail.com Lathifah Apriana Putri apriana@gmail.com <p>Dalam era revolusi digital, pendidikan menghadapi tantangan besar untuk bertransformasi. Penelitian ini mengeksplorasi dekonstruksi paradigma pendidikan digital melalui analisis terhadap Kurikulum <em>the Output of Renewable Innovation is Progressing</em> (OERIP) sebagai katalisator transformasi berbasis riset dan inovasi. Kewirausahaan, seringkali gagal mempersiapkan lulusan dengan keterampilan bisnis, mendorong penelitian ini. Studi literatur mengidentifikasi perkembangan terkini dalam pendidikan digital. Analisis komparatif OERIP dengan kurikulum digital lain menyoroti keunggulan, kelemahan, dan potensi dampaknya pada keberhasilan bisnis. Hasilnya menunjukkan OERIP sebagai pendekatan revolusioner, mendorong integrasi teknologi dan riset mendalam, serta menciptakan lingkungan pembelajaran adaptif. Transformasi ini diharapkan meningkatkan kualitas pendidikan dan membuka peluang bisnis di era digital, sembari mencatat tantangan implementasi dan adaptasi masyarakat. Simpulan penelitian memberikan pemahaman mendalam tentang potensi transformasi pendidikan digital dengan OERIP sebagai instrumen utama, memberikan panduan berharga bagi pengambil kebijakan, pendidik, dan pemangku kepentingan dalam memajukan pendidikan di era digital. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memandu perubahan pendidikan menuju adaptasi yang lebih baik terhadap tuntutan era digital dan juga memberikan landasan bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih efektif dan relevan</p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1450 CHEMPRO : Media Edukasi Pembelajaran Model Senyawa Kimia Terintegrasi Augmented Reality Sebagai Upaya Meningkatkan Transformasi Pendidikan di Era Digital 2024-02-21T02:39:42+00:00 Noval Arwansyah 2215020075@webmail.uad.ac.id Afifah Fika Purnama Putri afifah@gmail.com Norsyifa norsyifa@gmail.com Ahmad Lupi lupi@gmail.com Herbert Alessandro Panias herbert@gmail.com <p>Transformasi digital terus berlangsung di berbagai bidang kehidupan, media pembelajaran saat ini menjadi sangat penting untuk dikembangkan. Media pembelajaran sangat penting di dunia pendidikan karena memberikan akses yang lebih luas terhadap informasi dan materi pembelajaran. Media pembelajaran interaktif juga dapat membuat belajar lebih menarik dan interaktif. Perkembangan dan kemajuan teknologi, salah satunya adalah metode <em>augmented</em> <em>reality</em>, yang mendorong inovasi dalam pengalaman belajar. Dengan memvisualisasikan konsep abstrak tentang permodelan senyawa kimia dan memproyeksikannya dalam dunia nyata, <em>paper</em> ini bertujuan untuk memberikan alternatif kepada masyarakat, khususnya penggiat bidang pendidikan, untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan menggunakan konsep <em>augmented reality</em>. Diharapkan juga bahwa dengan menggunakan teknologi seperti simulasi, sasaran dapat ditingkatkan, diperdalam, dan diperluas. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan paper ini yaitu Penelitian deskriptif dan studi literatur mengenai teori-teori yang sudah ada sebelumnya. Media pembelajaran model senyawa kimia yang terintegrasi <em>augmented reality</em> diharapkan mampu menjadi salah satu alternatif dalam mendukung transformasi pendidikan di era digital. Mengingat zaman sekarang teknologi sudah saatnya masuk ke dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, disini Media Edukasi Pembelajaran Model Senyawa Kimia Terintegrasi<em> Augmented Reality</em> bisa menjadi solusi yang tepat untuk mendukung transformasi pendidikan di era digital saat ini</p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1451 Mewujudkan Kampus Merdeka melalui Kegiatan Wirausaha dalam Mengkreasi Minuman Antioksidan berbasis Hasil Samping Agroindustri sebagai Solusi Kreatif Monetisasi Hasil Riset 2024-02-21T02:49:40+00:00 Adi Satria adisatria2106@gmail.com Muhammad Raja rajamuh@gmail.com Hasan Darmawan darmawan@gmail.com Sobat Mubarokah sobat@gmail.com Afia Sabar Prasetyo prasetyo@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan mewujudkan konsep Kampus Merdeka dengan mengintegrasikan kegiatan wirausaha pada tingkat pendidikan tinggi. Fokus penelitian adalah menciptakan minuman antioksidan inovatif berbasis hasil samping agroindustri, khususnya klorofil bayam dan limbah kulit pisang. Metode pemecahan masalah kreatif, termasuk uji laboratorium, digunakan dalam pengembangan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minuman ini tidak hanya memiliki tingkat antioksidan tinggi, tetapi juga memberikan solusi terhadap isu limbah agroindustri. Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan wirausaha mahasiswa, menciptakan produk inovatif dengan nilai ekonomi tinggi, dan mendukung pembangunan berkelanjutan</p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1452 Inklusivitas Digital: Pemanfaatan Situs Web Untuk Mendorong Kualitas Hidup Dan Kemandirian Tunanetra 2024-02-21T02:55:54+00:00 Trinita Agustia Lasmana trinita2115010093@webmail.uad.ac.id Dwi Wardani Ayu Hastuti hastuti@gmail.com Chalda Bhakti Jelika jelika@gmail.com <p>Orang penyandang Tunanetra atau kehilangan penglihatan mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis. Hal tersebut menjadi salah satu pokok permasalahan dalam menempuh pendidikan.&nbsp; Mereka membutuhkan metode pembelajaran khusus agar dapat memperoleh informasi di era digital ini.&nbsp; Salah satu metode yang digunakan yaitu dengan memanfaatkan pembelajaran online yang merupakan salah satu contoh transformasi pendidikan digital. Penerimaan informasi pada intinya adalah mengubah pesan ke dalam bentuk yang dapat digunakan untuk memandu perilaku manusia. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari data Kementerian Komunikasi &amp; Informatika dan Badan Pusat Statistik. Ada beberapa strategi pembelajaran yang dapat dilakukan pendidik di era digital, diantaranya yaitu mengembangkan model, melakukan inovasi dan evaluasi pembelajaran dengan media digital. Dengan strategi tersebut diharapkan penyandang tunanetra mendapatkan kemudahan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan informasi&nbsp; melalui situs web untuk penyandang tunanetra mempunyai faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan informasi digital, di antaranya tujuan, cara bagaimana pesan itu disampaikan. Dalam proses meningkatkan inovasi penerimaan informasi melalui situs web, dibutuhkan peranti lunak <em>screen reader JAWS for Windows</em> (Peranti lunak pembaca tampilan di monitor yang menghasilkan suara, termasuk instruksi navigasi pada <em>keyboard</em>), sehingga seorang tunanetra cukup menguasai kemampuan mengetik sepuluh jari, yang selebihnya mengandalkan indra&nbsp;pendengaran</p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1453 Sandlaga: Snake And Leader Game Untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Dalam Pelajaran IPS 2024-02-21T03:01:55+00:00 Mauludiyah Khoirunnisa mauludiyah2115014014@webmail.uad.ac.id Solehatun Anisa solehatun2115029185@webmail.uad.ac.id Zulva Ferdiana Kulsum zulva2115029184@webmail.uad.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ilmu sejarah melalui permainan ular tangga atau snake and leader game. Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Dasar kelas V dan VI. Pembelajaran ilmu sejarah merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan yang bertujuan untuk mengenalkan Sejarah nasional maupun internasional. Namun, seringkali siswa mengalami kesulitan dalam mengingat dan memahami sejarah-sejarah yang terjadi. Untuk mengatasi hal ini, pembelajaran ilmu sejarah perlu menerapkan suatu metode belajar yang menarik agar siswa dapat lebih tertarik dan mudah mengingat sejarah nasional maupun internasional. Artikel ini akan menjelaskan tentang pentingnya pengetahuan sejarah pada siswa. Dengan mengintegrasikan pembelajaran ilmu sejarah ke dalam permainan snake and leader, diharapkan dengan metode ini daya ingat siswa dapat ditingkatkan secara signifikan. Hal ini akan membangun dasar yang kuat bagi perkembangan minat mereka dalam Pelajaran ilmu sejarah.</p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1454 EcoFun Sebagai Media Pembelajaran Anak Sekolah Dasar Agar Lebih Peduli Lingkungan 2024-02-21T03:13:49+00:00 Bayu Ismail bayuis@gmail.com Taufan Ali taufan@gmail.com Muhammad Ramadhani ramadhani@gmail.com Muhammad Zaouro Asshowabi zaouro@gmail.com Rambu Adima adima@gmail.com <p>Artikel ini membahas peran inovatif permainan EcoFunopoly dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran lingkungan pada anak-anak. Dalam konteks pendidikan Indonesia, di mana permasalahan lingkungan semakin meningkat, pendekatan inovatif seperti EcoFunopoly menjadi krusial. Permainan ini tidak hanya menyuguhkan pendekatan edukatif yang menyenangkan tetapi juga melibatkan anak-anak dalam pemahaman dampak aktivitas sehari-hari terhadap lingkungan. Data menunjukkan bahwa kurangnya pemahaman tentang pengelolaan lingkungan menjadi penyebab utama permasalahan lingkungan di Indonesia. Melalui pendekatan interaktif EcoFunopoly, hasil penelitian terdahulu membuktikan peningkatan pemahaman anak-anak terhadap isu-isu lingkungan. Oleh karena itu, EcoFunopoly tidak hanya menjadi sarana pembelajaran efektif, tetapi juga menjadi kunci dalam membentuk generasi yang peduli terhadap lingkungan dan berkontribusi pada solusi permasalahan lingkungan yang ada.</p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1455 Analisis Pengaruh Penutupan Tiktok Shop Terhadap Daya Jual Beli UMKM Di Pasar Tradisional 2024-02-21T03:23:39+00:00 Muqoyyimul Hisyam Ar Ridlo marridlo@gmail.com Astrid Silpa Ivanka ivanka@gmail.com Oktaviani Nur Istiqomah oktaviani@gmail.com Wisnu Aji Saputra wisnu@gmail.com <p>Salah satu platform e-commerce yang populer di Indonesia adalah Tiktok Shop. Penutupan Tiktok Shop menjadi sebuah tantangan bagi pelaku usaha UMKM di Indonesia untuk beradaptasi dengan perkembangan pasar menggunakan sistem digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan data dari kuisioner yang dibagikan kepada seratus responden pelaku usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi adaptasi pelaku usaha UMKM di Indonesia setelah penutupan Tiktok Shop. Analisis faktor-faktor tersebut ditujukan sebagai data valid untuk menyusun penelitian mengenai keberadaan Tiktok Shop yang dapat berpengaruh terhadap UMKM pasar tradisional di Indonesia. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa keberadaan Tiktok shop tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat daya jual beli UMKM di pasar tradisional.</p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1456 Kolaborasi Pendidikan: Strategi Inovasi Mengatasi Permasalahan Pendidikan Di Indonesia 2024-02-21T03:30:55+00:00 Dhina Puspita Anjeli Siwitomo 12315020046@webmail.uad.ac.id Nadia Nur Fitriyani 22315012108@webmail.uad.ac.id Nofah Nur Fadhilah 32315012107@webmail.uad.ac.id Mafiqoh 2315022035@webmail.uad.ac.id <p>Pendidikan merupakan salah satu bidang yang terkena dampak signifikan dari perkembangan teknologi di era digital. Perubahan ini mendorong terjadinya perubahan paradigma pendidikan yang berdampak tidak hanya pada proses pembelajaran namun juga pentingnya pendidikan bagi kesuksesan bisnis di masa depan. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi teknologi terhadap pendidikan, khususnya dalam konteks kewirausahaan dan inovasi dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah survei literatur yang mengkaji perkembangan terkini teknologi pendidikan dan kewirausahaan. Makalah ini membahas tantangan yang dapat dihadapi dalam penerapan inovasi teknologi di bidang pendidikan, antara lain kurangnya akses, keamanan informasi, dan resistensi terhadap perubahan. Namun, dengan strategi implementasi yang tepat, seperti pelatihan guru, pembangunan infrastruktur, dan kebijakan yang mendukung, transformasi pendidikan dapat menjadi kunci keberhasilan bisnis di era digital. Hasil penelitian ini memberikan wawasan tambahan tentang bagaimana inovasi teknologi dan kewirausahaan dapat mendorong kesuksesan bisnis melalui perubahan pendidikan. Makna praktis dari kajian ini adalah perlunya terus mendorong pengembangan dan adopsi teknologi dalam konteks pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan bisnis masa depan.</p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1457 Pemanfaatan Media Pembelajaran Canva Sebagai Upaya Mewujudkan Transformasi Pendidikan 2024-02-21T03:35:20+00:00 Catur Rohmiasih catur@gmail.com Santi Sartika sartika@gmail.com <p>Dunia pendidikan sangat memerlukan sebuah media pembelajaran yang dapat mendukung untuk terus berkembang serta mampu mengikuti perkembangan zaman. Salah satu media yang sudah tidak asing lagi dikalangan para pendidik, yaitu <em>Canva</em>. Penggunaan media pembelajaran <em>Canva </em>memberikan dampak positif dan negatif. Dampak yang ditimbulkan dapat difokuskan pada hal positif dan meminimalisir dampak negatif jika ada kerjasama yang baik dari berbagai pihak agar penggunaan teknologi sesuai tujuannya. Peran media pembelajaran <em>Canva</em> pada pembelajaran berbasis teknologi digital sangatlah penting, Penelitian ini merupakan studi literatur dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan kajian kepustakaan yang membahas tentang media pembelajaran<em> Canva</em> sebagai upaya tranformasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Pada penelitian ini, penulis menggunakan berbagai sumber tertulis seperti artikel, jurnal, dan dokumen yang relevan. Studi literatur ini fokus pada media pembelajaran <em>Canva</em>,pemanfaatan media pembelajaran <em>Canva</em> dalam pendidikan dan kelebihan serta kekurangan dari <em>Canva</em>. Kehadiran media pembelajaran <em>Canva </em>saat ini, harapannya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh semua pihak seperti guru dan pelaku pendidikan&nbsp;lainnya.</p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1458 Embracing Mobile Learning In Education: Membuka Keuntungan, Menghadapi Tantangan, dan Menjelajahi Prospek Masa Depan 2024-02-21T03:52:26+00:00 Syafrillah Najjar syafrillah2115016112@webmail.uad.ac.id Harni Oktasari harni2115015046@webmail.uad.ac.id <p>Pendidikan memiliki peran krusial dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia, karena merupakan suatu proses kehidupan untuk pengembangan diri untuk menciptakan individu berkualitas. Individu berkualitas yang dapat memberikan dampak positif terhadap kemajuan pembangunan bangsa. Dalam mewujudkan tujuan pendidikan, maka diperlukan implementasi berbagai aspek media pembelajaran yang relevan agar melahirkan generasi hebat. Oleh karena itu, diperlukan konsep dan desain yang sesuai untuk menciptakan lingkungan belajar yang efisien. Model Mobile Learning menjadi solusi yang mengadopsi prinsip kelangsungan dan kesinambungan dalam proses pembelajaran tanpa adanya batasan terkait waktu dan tempat. Dalam perspektif komunikasi, Mobile Learning tidak hanya dianggap sebagai teknologi komunikasi yang digunakan di dunia pendidikan, melainkan juga sebagai teknologi yang mempertimbangkan proses penerimaan oleh pengguna, yang telah menjadi salah satu arus utama dalam ranah pendidikan. Fokus utama penulisan ini terdiri dari dua aspek, yaitu pengembangan mobile learning pada masa yang akan datang dan rintangannya pada saat ini. Metodologi penelitian yang digunakan dalam paper ilmiah ini melibatkan studi pustaka, dengan merujuk pada hasil penelitian terdahulu, jurnal, atau sumber informasi teknologi yang relevan dengan permasalahan yang dibahas.</p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1459 Studi Literatur: Gambaran Pembelajaran Biologi Materi Genetika Kelas XII Pada Jenjang Sekolah Menengah Atas 2024-02-21T03:58:13+00:00 Komisah 2215029290@webmail.uad.ac.id Putri Septiana septiana@gmail.com Zul Hamdi Batubara batubara@gmail.com Ninda Aulia Ramadhini ramadhini@gmail.com <p>Biologi merupakan salah satu mata pelajaran pada jenjang Sekolah Menengah Atas. Materi Genetika di ajarkan pada saat kelas XII, materi ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dalam proses pembelajaran di kelas. Materi genetika mempelajari tentang gen, DNA, RNA, kromosom dan reproduksi sel. Kesulitan dalam pembelajaran ini adalah masih kurangnya variasi dalam pembelajaran, sehingga peserta didik kurang dalam pemahaman materi. Selain itu, peserta didik memiliki perbedaan gaya dalam belajar sehingga dibutuhkan adanya metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pengetahuan lebih cepat. Guru telah menerapkan berbagai metode pembelajaran, namun untuk materi genetika diperlukan metode pembelajaran yang lebih spesifik dan variatif. Dalam artikel ini menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji berbagai jurnal yang relevan dengan topik yang dibahas. Hasil dari jurnal tersebut dianalisis untuk menarik kesimpulan tentang metode pembelajaran genetika.&nbsp; Beberapa jurnal terkait menyatakan dengan penerapan metode pembelajaran TGT (<em>Teams Games Tournamen</em>), dan juga <em>quiz </em>and <em>flashcard </em>dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik dalam materi genetika</p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1460 Urgensi Sosial Media Dalam Membangun Personal Branding Inovasi Wirausaha 2024-02-21T04:12:42+00:00 Ari Maskuri maskuri@gmail.com Rizkyana Iswahyuni iswahyuni@gmail.com Mawar Ledya Serli ledya@gmail.com <p>Kewirausahaan dan inovasi memainkan peran penting dalam membentuk pendidikan generasi Z. Generasi Z merupakan generasi yang tumbuh membersamai di era digital ini. Pendidikan kewirausahaan tidak hanya membahas tentang memulai dan menjalankan bisnis, tetapi juga membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan adaptabilitas. Penggunaan teknologi dalam pendidikan mendukung pendekatan belajar yang berpusat pada siswa dan memfasilitasi akses ke sumber belajar yang beragam. Selain itu, pendidikan kewirausahaan dan inovasi juga berkontribusi pada pengembangan <em>soft skills</em> dan pendidikan karakter. Peran dari pendidikan kewirausahaan ini ialah media atau wadah untuk memulai perubahan yang lebih kreatif dengan pemanfaatan teknologi, salah satunya adalah tempat untuk membentuk <em>personal branding.</em> Ini menandakan masa depan pendidikan yang menjanjikan bagi generasi Z karena mereka bisa mempersiapkan diri lebih baik untuk menghadapi tantangan serta peluang yang akan mereka hadapi nanti kedepannya. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah memberikan wawasan baru terkait urgensi personal branding dalam menciptakan inovasi wirausaha yang lebih bermutu melalui pendidikan kewirausahaan untuk menghadapi persaingan global. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dimana secara deskripsi, penelitian ini dapat memberikan gambaran terkait peranan pendidikan kewirausahaan dalam membangun <em>personal branding</em> inovasi wirausahawan.</p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1461 Analisis Survey Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Penulisan Tugas Akhir Karya Tulis Ilmiah (TA-KTI) di Kampus Akademi Ilmu Komputer (AIKOM) Ternate, Maluku Utara, Indonesia 2024-02-21T04:34:40+00:00 Aswin Abbas aswin.aikom@gmail.com <p>AI mengambil peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan tinggi. Di era digital ini, AI telah menjadi mitra dan alat bantu penting bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir mereka, khususnya dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penggunaan <em>Artificial Intelligence (AI) </em>dalam penyelesaian tugas akhir berupa karya tulis ilmiah di lingkungan kampus AIKOM. Rumusan masalah penelitian melibatkan gambaran penggunaan AI dalam proses penulisan karya tulis ilmiah, manfaat dan tantangan yang dialami oleh mahasiswa, serta aplikasi AI yang paling dominan digunakan dalam penulisan karya tulis ilmiah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner, Skala Likert, yang dibuat di google form kemudian dikirimkan ke Grup Whatsapp dan chat pribadi mahasiswa. Dengan menggunakan metode acak, 35 mahasiswa yang baru saja menyelesaikan penulisan TA-KTI di Kampus AIKOM, lulusan 2023 telah berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menemukan bahwa 51.4% setuju jika AI membantu mereka dalam menyelesaikan TA-KTI. Selanjutnya, 45.7% atau sebanyak 16 mahasiswa menyatakan mereka menggunakan AI dalam penulisan TA-KTI hanya di bagian tertentu. Temuan ini juga akan memberikan wawasan yang berharga tentang peran AI dalam proses penulisan ilmiah mahasiswa, potensi keuntungannya, serta kendala yang mungkin dihadapi oleh mahasiswa selama proses penelitian mereka. Temuan dari penelitian ini dapat membantu perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran dengan mengintegrasikan AI secara lebih efektif dalam proses akademik mahasiswa, meningkatkan pengawasan dan regulasi tentang penggunaan AI dalam penulisan TA-KTI serta menjadikan AI sebgai alat pendamping tanpa mereduksi etika akademik, khususnya dalam ranah penulisan karya tulis ilmiah.</p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional