Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Siswa SMK

Penulis

  • Ma'rifatunnisa Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Muhrida Jalil Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Andi Qurasy Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Ramliah SMK Negeri 2 Maros, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.1176

Kata Kunci:

penelitian tindakan kelas, peningkatan, Quizizz

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi akademik siswa meningkat dengan bantuan Quizizz dan lingkungan pembelajaran IT pada siswa kelas X DKV  SMK Negeri 2 Maros. PTK merupakan suatu cara bagi guru untuk mengatur pengaturan praktik mengajar dan belajar dari pengalaman belajarnya, menguji ide-ide untuk meningkatkan praktik mengajar, dan melihat dampak nyata dari upaya tersebut. Cara tindakan dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan permasalahan yang telah dijelaskan di atas adalah dengan  mengidentifikasi masalah, kemudian menganalisis masalah, kemudian mempertimbangkan solusi yang berbeda dan mengambil keputusan tentang solusi yang tepat, mengambil tindakan. Penelitian ini menggunakan tes sebagai metode pengumpulan datanya. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test, tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Metode Penelitian Tindakan Kelas (CART) diperbaiki berdasarkan pengujian selama 2 siklus dan 8 kali pertemuan. Hal ini didukung dengan data  dari data integritas hasil belajar siswa. Pada Siklus I persentase hasilnya dibawah 75%, sedangkan  pada Siklus II hasilnya meningkat yaitu 76,5%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660-3667.

Kurniawan, M.C.D., & Huda, M.M. (2021). Pengaruh penggunaan Quizizz sebagai latihan soal terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SD. Jurnal Pena Karakter, 3(1), 37-41

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150.

Sumiati dan Asra. 2008. Metode Belajar. Bandung: CV Wahana Prima Suradika, A. (2000). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: UMJ Press.

Winataputra, dkk.2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-25

Cara Mengutip

Ma’rifatunnisa, Jalil, M., Qurasy, A., & Ramliah. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Siswa SMK . Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(4), 609–616. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.1176