Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.1176Kata Kunci:
penelitian tindakan kelas, peningkatan, QuizizzAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi akademik siswa meningkat dengan bantuan Quizizz dan lingkungan pembelajaran IT pada siswa kelas X DKV SMK Negeri 2 Maros. PTK merupakan suatu cara bagi guru untuk mengatur pengaturan praktik mengajar dan belajar dari pengalaman belajarnya, menguji ide-ide untuk meningkatkan praktik mengajar, dan melihat dampak nyata dari upaya tersebut. Cara tindakan dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan permasalahan yang telah dijelaskan di atas adalah dengan mengidentifikasi masalah, kemudian menganalisis masalah, kemudian mempertimbangkan solusi yang berbeda dan mengambil keputusan tentang solusi yang tepat, mengambil tindakan. Penelitian ini menggunakan tes sebagai metode pengumpulan datanya. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test, tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Metode Penelitian Tindakan Kelas (CART) diperbaiki berdasarkan pengujian selama 2 siklus dan 8 kali pertemuan. Hal ini didukung dengan data dari data integritas hasil belajar siswa. Pada Siklus I persentase hasilnya dibawah 75%, sedangkan pada Siklus II hasilnya meningkat yaitu 76,5%.
Unduhan
Referensi
Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660-3667.
Kurniawan, M.C.D., & Huda, M.M. (2021). Pengaruh penggunaan Quizizz sebagai latihan soal terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SD. Jurnal Pena Karakter, 3(1), 37-41
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150.
Sumiati dan Asra. 2008. Metode Belajar. Bandung: CV Wahana Prima Suradika, A. (2000). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: UMJ Press.
Winataputra, dkk.2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.