Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Melalui Media Pembelajaran Quizizz Kuis Di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 9 Pangkep

Penulis

  • Lisda Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Justika Sukri Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Herlina Daddi Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Misrawati SMA Negeri 9 Pangkep,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.641

Kata Kunci:

Aplikasi Quizizz, Media Pembelajaran, Kosakata

Abstrak

Media pembelajaran dalam kelas sangat berpengaruh bagi siswa dalam keberhasilan penguasaan materi pelajaran. Maka dari itu, sangat diharapkan kepada guru untuk menggunakan media yang menarik dalam pembelajaran, khususnya peningkatan penguasaan kosakata. Karena ini menjadi salah satu masalah yang seharusnya diatasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah Quizizz mampu meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa atau tidak. Jenis penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah kelas X IPS 1 SMAN 9 Pangkep, tahun ajaran 2022 / 2023 yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing - masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan teknis analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan ada dua yaitu lembar observasi dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini bisa dilihat dari nilai rata - rata tes diagnostik adalah 52,6, siklus I adalah 68,4, dan siklus II adalah 77,6. Selain itu, perhatian dan motivasi siswa terbantu dengan menggunakan Quizizz karena kuis yang diberikan melalui aplikasi Quizizz berbasis game. Namun, keterbatasan fasilitas dan Wi-Fi di sekolah menjadi penghambat dalam penggunaannya.



Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aini, Y. I. (2019). (PENTING) Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Anitah, S. (2007). Modul PLPG Media Pembelajaran. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon, 13, 2008.

Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660–3667.

Chotibuddin, Z. A. & M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: (PTK). Deepublish.

Dellos, R. (2015). Kahoot! A digital game resource for learning. INSTRUCTIONAL TECHNOLOGY, 49.

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. 2(1), 1–13.

Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.302

Indrawan, D., Vitianingsih, A. V., & Shanty, R. N. T. (2016). Implementasi Metode Simple Additive Weighting pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemasok Bahan Baku di PT. Abadi Kimia. 1.

Kurniawan, M. C. D., & Huda, M. M. (2021). Pengaruh penggunaan Quizizz sebagai latihan soal terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SD. Jurnal Pena Karakter, 3(1), 37–41.

Lestari, A., & Ariani, S. R. D. Ashadi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi.

Ningsih, R., & Andriyani, N. (2021). DALAM PEMBELAJARAN SASTRA UNTUK TIM MGMP BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA SE-PEKANBARU PENDAHULUAN Salah satu bahan pembelajaran bahasa yang terdapat dalam kurikulum adalah pembelajaran sastra , yang dikelompokkan ke dalam bahan mengajar bahasa dan sastra Ind. 1(2), 201–208.

Pendidikan, I., & Rasyid, A. (2021). Pemanfatan Media Tik Dalam Pembelajaran Sejarah Islam Pada Masa Pandemi Di Sdit Al-. 8(1), 8–22.

Pramesti, U. D. (2015). PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI TEKA-TEKI SILANG (Penelitian Tindakan di Kelas VI SDN Surakarta 2, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat). Puitika, 11(1), 82. https://doi.org/10.25077/puitika.11.1.82--93.2015

Rahmatia, M., Monawati, M., & Darnius, S. (2017). PENGARUH MEDIA E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 20 BANDA ACEH Maya Rahmatia, Monawati, Said Darnius. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 212–227.

Rahmawati, N. (2014). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun di TK Putera Harapan. Prodi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Uiversitas Negeri Surabaya, 3(1), 5–6.

Setiawan, A., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X Ipa 7 Sma Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Edusainstek, 167–173.

Subarno, E. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Mengasah End Mill Di Smk N 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 6(2), 103–110.

Surakarta, S. R., Tengah, J., & Koresponsensi, P. (2022). Penggunaan Media Quizizz Dalam Penguasaan Kosa Kata. 2(3), 1–11.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Lisda, Sukri, J., Daddi, H., & Misrawati. (2023). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Melalui Media Pembelajaran Quizizz Kuis Di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 9 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(4), 381–392. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.641