Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Dikelas X IPS 1 SMAN 9 Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i3.791Kata Kunci:
Meningkatkan hasil belajar, Metode PQ4R, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, pada siswa kelas X IPS 1 SMAN 9 Pangkep Kecamatan Ma'rang. Dengan menggunakan metode pembelajaran PQ4R Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPS 1 SMA 9 Pangkep yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 9 perempuan Instrument yang digunakan adalah tes dan format observasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu data hasil belajar siswa. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini dipilih untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas dalam bentuk Tindakan nyata yang akan dilakukan dengan menggunakan metode PQ4R. Penelitian ini fokus pada proses dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Nilai rata-rata pada Hasil penelitian siklus I yaitu 73 dan nilai rata-rata pada siklus II 93,1 telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dalam menerapkan metode pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Teks Anekdot pada siswa kelas X IPS 1 SMA 9 Pangkep.
Unduhan
Referensi
Hartanto. (2009) Penggunaan Strategi Belajar Pq4r ( Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review ) Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ips 1 Pokok Bahasan Pendudukan Militer Jepang Di Indonesia Sma Negeri 1 Gringsing
Jusrianti, Yulia, Ilmi N. (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Kosilah. (2020) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.