Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas Xi Pengembangan Perangkat Lunak Dan Gim (PPLG) SMKN 1 PANGKEP
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.623Kata Kunci:
pemecahan masalah, model pembelajaran, discovery learningAbstrak
Proses belajar adalah proses dimana terdapat interaksi antara seorang pendidik dan peserta didik. Kesulitan dalam belajar merupakan proses yang sering terjadi di dalam kelas. Berdasarkan faktanya, salah satu hal yang menyebabkan proses belajar kurang efektif dikarenakan perserta didik kurang aktif di dalam kelas. Agar peserta didik lebih aktif di dalam kelas, pendidik harus memberikan kegiatan dimana peserta didik mencari serta menemukan sendiri, dan pendidik hanya sebagai fasilitator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada materi teks argumentasi yang dilakukan dengan model discovery learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pangkep. Proses pengumpulan data dengan menggunakan observasi serta teks. Proses analisis yang dilakukan dalam penelitian ini dengan berdasarkan teknik telaah semua data, semua data yang berasal dari observasi atau tes kemudian dirangkai dan disusun baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan di mana model discovery learning ini dapat menumbuhkan tingkat kemampuan pemecahan masalah yang terdapat pada siswa berdasarkan materi teks argumentasi di SMK Negeri 1 Pangkep. Hasil data yang diperoleh sebagai berikut (1) penerapan dan pengoperasian model discovery learning dapat dilaksanakan (2) penerapan model discovery learning ini dari tes yang dilakukan itu mengalami peningkatan dan kemajuan (3) setiap hasil proses pencapaian pemecahan masalah pada pelajaran bahasa Indonesia mengalami peningkatan pesat.
Unduhan
Referensi
Akib Erwin, dkk., 2021. Buku panduan program pemantapan profesi keguruan (p2k). Makassar, FKIP Unismuh Makassar.
Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Isa, A., & Napu, Y. (2020). Pendidikan Sepanjang Hayat. Gorontalo: Ideas Publishing.
Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). Model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213.
Jufri, A. (2010). Penelitian Tindakan Kelas: Antara Teori Dan Praktek. Jurnal Pijar Mipa, 5(2). https://doi.org/10.29303/jpm.v5i2.166
Maharani, B., & Hardini, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5). 549-561.
Mahistra, O. (2015). Sekolah Van Deventer Sekolah Guru Perempuan Di Jawa 1918-1942. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 1(1)
Nita, O., & Naini, I. (2022). Keterampilan membaca pemahaman dengan mengkontruksi teks argumentasi.
Nurhayati, S. (2022). Penerapan Metode Wide Game Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar (Tesis Sarjanan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung) Diterima dari http://repository.upi.edu/86730/
Rahman, A., Munandar, S., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.
Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(1), 36-46
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sma Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. 2.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.