PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TIK DI TINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PANGKAJENE
DOI:
https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.592Kata Kunci:
Inquiry, Hasil Belajar, TIKAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar TIK dengan kovariabel motivasi berprestasi pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Pangkajene tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini tergolong sebagai rancangan nonequivalent control group design, dengan subjek penelitian siswa kelas X IPS SMA Muhammadiyah Pangkajene yang berjumlah 14 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes yang terdiri dari 5 butir soal. Hasil observasi pada siklus I hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry diperoleh ketuntasan belajar mencapai 68% atau 8 siswa dari 14 siswa sudah tuntas belajar. Hasil observasi pada siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 76% atau 11 siswa dari 14 siswa sudah tuntas belajar. Dari hasil tindakan pada siklus I dan pada siklus II maka disimpulkan penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar TIK dengan kovariabel motivasi berprestasi siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Pangkajene tahun pelajaran 2022/2023.
Unduhan
Referensi
Ardiantari, M. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar TIK di Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Samarinda. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 3(1), 34-45.
Hasibuan, E. K., Rambe, N. A., & Saleh, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII MTS. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan TIK, 10(1), 61-67.
Harafa, D, dkk. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar TIK. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan TIK), 6(1):13-26.
Khoerunnisa, S. F. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika dengan Menggunakan Model Inquiry. JPMI (Jurnal Pembelajaran TIK Inovatif), 5(5).
Langi, N. L., Jeranah, J., & Iman, N. (2022). Peningkatan Hasil Pembelajaran TIK Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pada Siswa Kelas VII Smp Kristen Kondo Sapata Makassar. Journal Pendidikan TIK, 3(1), 49-57.
Liando, M. A. J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(6), 743-751
Samsudin, F., & Hutajulu, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar TIK Melalui Pembelajaran Inquiry Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran TIK Inovatif), 5(4), 1113-1120.
Sianturi, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar TIK. Jurnal Global Edukasi, 3(4), 239-247.
Delfita, O., Kartini, K., & Sakur, S. (2019). Penerapan Model Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X Mia 4 SMA Negeri 5 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).
Lestari, W. (2017). Efektivitas model pembelajaran guided Inquiry terhadap hasil belajar TIK. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.