PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TIK DI TINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PANGKAJENE

Penulis

  • Alianas Alianas Pendidikan Guru Sekolah Dasar ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Nur Husna Teknologi Pendidikan ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Haerul Syam Teknologi Pendidikan ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Ratnawati 4 SMAS Muhammadiyah Pangkajene

DOI:

https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.592

Kata Kunci:

Inquiry, Hasil Belajar, TIK

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar TIK dengan kovariabel motivasi berprestasi pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Pangkajene tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini tergolong sebagai rancangan nonequivalent control group design, dengan subjek penelitian siswa kelas X IPS SMA Muhammadiyah Pangkajene yang berjumlah 14 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes yang terdiri dari 5 butir soal. Hasil observasi pada siklus I hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry diperoleh ketuntasan belajar mencapai 68% atau 8 siswa dari 14 siswa sudah tuntas belajar. Hasil observasi pada siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 76% atau 11 siswa dari 14 siswa sudah tuntas belajar. Dari hasil tindakan pada siklus I dan pada siklus II maka disimpulkan penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar TIK dengan kovariabel motivasi berprestasi siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Pangkajene tahun pelajaran 2022/2023.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardiantari, M. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar TIK di Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Samarinda. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 3(1), 34-45.

Hasibuan, E. K., Rambe, N. A., & Saleh, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII MTS. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan TIK, 10(1), 61-67.

Harafa, D, dkk. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar TIK. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan TIK), 6(1):13-26.

Khoerunnisa, S. F. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika dengan Menggunakan Model Inquiry. JPMI (Jurnal Pembelajaran TIK Inovatif), 5(5).

Langi, N. L., Jeranah, J., & Iman, N. (2022). Peningkatan Hasil Pembelajaran TIK Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pada Siswa Kelas VII Smp Kristen Kondo Sapata Makassar. Journal Pendidikan TIK, 3(1), 49-57.

Liando, M. A. J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(6), 743-751

Samsudin, F., & Hutajulu, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar TIK Melalui Pembelajaran Inquiry Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran TIK Inovatif), 5(4), 1113-1120.

Sianturi, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar TIK. Jurnal Global Edukasi, 3(4), 239-247.

Delfita, O., Kartini, K., & Sakur, S. (2019). Penerapan Model Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X Mia 4 SMA Negeri 5 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Lestari, W. (2017). Efektivitas model pembelajaran guided Inquiry terhadap hasil belajar TIK. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Alianas, A., Husna, N. ., Syam, H. ., & Ratnawati. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TIK DI TINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PANGKAJENE. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 59–65. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.592