Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovert Learning Di Kelas X SMA Muhammadiyah Pangkajene

Penulis

  • Haerul Syam Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Nur Magfirah Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Muhammad Agung Ramadhan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Hapsari SMA Muhammadiyah Pangkajene,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.896

Kata Kunci:

Discovery Learning, Hasil Belajar, Matematika

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Muhammadiyah Pangkajene tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kelompok yang melibatkan 14 siswa kelas X SMA Muhammadiyah Pangkajene. Instrumennya adalah tes yang terdiri dari 5 soal. Hasil observasi terhadap hasil belajar yang diperoleh dengan penerapan model pembelajaran discovery learning mencapai 68% yaitu. 8 siswa dari 14 menyelesaikan studi mereka. Hasil observasi hasil belajar komprehensif kedua mencapai 76% yaitu. 11 dari 14 siswa menyelesaikan studinya. Berdasarkan hasil siklus I dan II disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Muhammadiyah Pangkajene tahun ajaran 2022/2023.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardiantari, M. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Samarinda. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 3(1), 34-45.

Delfita, O., Kartini, K., & Sakur, S. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Mia 4 Sma Negeri 5 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Harafa, D, dkk. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1):13-26.

Hasibuan, E. K., Rambe, N. A., & Saleh, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTS. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 61-67.

Khoerunnisa, S. F. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika dengan Menggunakan Model Discovery Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5).

Langi, N. L., Jeranah, J., & Iman, N. (2022). Peningkatan Hasil Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Larning Pada Siswa Kelas Vii Smp Kristen Kondo Sapata Makassar. Journal Pendidikan Matematika, 3(1), 49-57.

Lestari, W. (2017). Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).

Liando, M. A. J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 743-751.

Samsudin, F., & Hutajulu, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Discovery Learning Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 1113-1120.

Sianturi, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Global Edukasi, 3(4), 239-247.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Syam , H. ., Magfirah, N., Agung Ramadhan , M. ., & Hapsari. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovert Learning Di Kelas X SMA Muhammadiyah Pangkajene. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(4), 501–508. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.896