PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS 1 UPT SMA NEGERI 9 PANGKEP

Penulis

  • Risdayanti Risdayanti Teknologi Pendidikan ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Ulul Azmi Teknologi Pendidikan ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Ardiyanto SMA Negeri 2 Pangkep,Indonesia
  • Ummi Khaerati Syam Pendidikan Bahasa Inggris ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.613

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Power Point, Hasil Belajar

Abstrak

Penggunaan media pembelajaran sangat penting dalam proses belajar mengajar, karena dapat mempengaruhi motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Power Point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Pangkep. Penggunaan media Power Point memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest yaitu eksperimen diberikan pretest sebelum diberikannya perlakuan, kemudian posttes diberikan sesudah peroses pembelajaran atau setelah diberikan perlakuan. Perlakuan diberikan melalui pembelajaran Biologi untuk mengetahui dampak penggunaan media Power Point terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil pengujian eksplorasi informasi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Power Point berdampak pada hasil belajar siswa kelas X IPA John Dalton SMA Negeri 2 Pangkep. Dari hasil belajar yang berkategorikan tuntas dengan menunjukkan nilai posttest siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Power Point pada mata pelajaran Biologi bahwa terdapat 1 siswa atau dengan presentase 3% dengan kategori tidak tuntas dan terdapat presentase 97% atau 33 siswa dengan kategori tuntas.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cahyani, P. I. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft Power Point Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta AR-Rahman Percut Tahun Pelajaran 2017-2018. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Dona Fitriani. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Lampung: UNILA

Hidayah, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Anak Bangsa Kecamatan Rappocini Makassar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar

Nanang Saputro, M. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Power Point Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV. Bandar Lampung: FKIP UNILA

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supramono, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Terhadap Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4.

Wati, Ega. (2016). Ragam Media Pembelajaran. (tanpa tempat penerbit): kata pena

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Risdayanti, R., Ulul Azmi, Ardiyanto, & Khaerati Syam, U. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS 1 UPT SMA NEGERI 9 PANGKEP. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 121–125. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.613