Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalan Meningkatkan Hasul Belajar Matematika Siswa Kelas X AGROBISNIS UPT SMK Negeri 7 Pangkep

Penulis

  • Sendi Safitri Pendidikan Matematika ,indonesia
  • Annisa Julianti Wahab Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Nurazmi Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Rini Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.622

Kata Kunci:

Hasil belajar, Media Pembelajaran, Power Point, Hasil Belajar, Motivasi belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Discovery Learning mata pelajaran matematika pada siswa kelas X Agrobisnis UPT SMK Negeri 7 Pangkep tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah kelas X Agrobisnis UPT SMK Negeri 7 Pangkep Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 14 orang. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas X Agrobisnis UPT SMK Negeri 7 Pangkep Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini ditunjukkan oleh persentase hasil belajar pada siklus I yaitu 43% sedangkan pada siklus II persentase hasil belajarnya yaitu 86% sehingga dalam siklus I dan siklus II mengalami peningkatan terhadap hasil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas:(PTK). Deepublish

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif ilmu pendidikan, 32(1), 67-75.

Haryuti, B. Z. R. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat dan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Ngrukem (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Iskandar, I. (2012). Penelitian tindakan kelas.

Jannah, S. N., Doyan, A., & Harjono, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing ditinjau dari pengetahuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa smk. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(4), 257-264.

Kusrini, K., Supriyadi, S., Bahri, S., Palittin, I. D., Rahayu, M., Silubun, H. A., & Loupatty, M. (2018). Efektivitas model pembelajaran discovery learning berbantuan media powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Musamus Journal of Science Education, 1(1), 027-032.

Novita, L., Windiyani, T., & Sakinah, A. R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 148-163

Rahmalia, Y. (2014). Efektivitas Model Discovery Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Kompetensi Dasar Analisis Rangkaian Kemagnetan Di SMK 1 Pundong. Skripsi Tidak Dipublikasi. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Saragih, C. E. C. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Cahaya Smp Swasta Era Utama Pancur Batu Tp 2021/2022.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Safitri, S., Julianti Wahab, A. ., Nurazmi, & Rini. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalan Meningkatkan Hasul Belajar Matematika Siswa Kelas X AGROBISNIS UPT SMK Negeri 7 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(4), 439–445. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.622