Penggunaan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X KIMIA UPT SMK Negeri 7 Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.906Kata Kunci:
Discovery learning, History, StudyAbstrak
Siswa terbilang masih kurang aktif dan efektif dalam pembelajaran di kelas mereka cenderung diam dan tidak merespon guru ketika ditanya dan kurang memperhatikan seputar pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memotivasi siswa untuk belajar lebih aktif sehingga pembelajaran akan berlangsung lebih efektif penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas PTK dengan subjek penelitian adalah kelas X Kimia UPT SMK Negeri 7 Pangkep. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery li learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 10 kimia smk negeri 7 pangkep dengan prosentase hasil belajar tikus 1 yaitu 47 % sedangkan siklus dua mengalami peningkatan sebesar 85 % penerapan model discovery learning memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa sehingga mengalami peningkatan serta Penggunaan model pembelajaran Discovery Learning memberikan pengalaman nyata, berfikir tingkat tinggi, berpusat pada peserta didik, kritis dan kreatif, pengetahuan bermakna dalam kehidupan, dekat dengan kehidupan nyata, adanya perubahan prilaku, pengetahuan. Selain itu hasil belajar peserta didik dapat meningkat.
Unduhan
Referensi
Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 1(1), 21. https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2692
Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9880
Simbolon, N. (2020). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi. Educare, 14–19.
Arikunto, S. S. (2015). Supardi, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013.
Lefudin, L. (2017). Belajar dan pembelajaran: dilengkapi dengan model pembelajaran, strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran dan metode pembelajaran. Yogyakarta Deep
Maryani, I., & Fatmawati, L. (2018). Pendekatan scientific dalam pembelajaran di sekolah dasar: teori dan praktik. Deepublish.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1-17.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.