Case Based Learning Pada Pembelajaran Fisika

Penulis

  • Siti Nurcahya Kasmiryanti Ar Pendidikan Fisika ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Sindi
  • Nurazmi Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Yulianti Ratte Misa SMK Negeri 2 Pangkep, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i2.878

Kata Kunci:

CB, fisika, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Pangkep Kelas X TPBO 2 dengan menerapkan model pembelajaran Case Based Learning (CBL). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah 33 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, rata-rata skor pre test adalah 56,21 dan skor post test adalah 67,72. Skor ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 11,51 poin dengan standar n-gain 0,26 dan tergolong rendah, selanjutnya data penelitian siklus II Nilai rata-rata pre test adalah 70,75 dan post test 89,54, mengalami peningkatan sebesar 18,79 poin. Standar n-gain pada siklus II sebesar 0,64 dengan kualifikasi sedang. Dari data tersebut terlihat bahwa standar gain belajar fisika mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dan tergolong dalam kualifikasi sedang pada Siklus II.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arends, R. I. 2013. Belajar untuk Mengajar (Learning to Teach). Terjemahan oleh Made Frida Yulia. 2013. Jakarta:Salemba Humanika.

Azzahra, A. 2017. Skripsi. Pengaruh ModeliCase Based Learning (CBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Jamur. Jakarta: UIN Jakarta.

Dewey, J. 2001. Democracy and Education (A Penn State Electronic Classic Series Publication). Pennsylvania: The Pennsylvania State University.

Dewi, Citra Ayu &Abdul Hamid. 2015.Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Keterampilan Generik Sains Dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen”,Vol. 3 No. 2, ISSN 2338-6480.

Edward Corcoran. 2005. A Statistical Model of Student Knowledge for a Corrected Conceptual Gain. University of Arkansas

Juliawan, Didik. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta Tahun Pelajaran 2011/2012 (Skripsi). Pendidikan Kimia FPMIPA IKIP Matara.

Kemdikbud RI. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud.

Mutmainah, Siti. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Kasus Yang Berpusat Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Unsri Angkatan 2010 (Artikel). Pendidikan Kimia FKIP Unsri.

Nurazmi, N., Linawati, L., & Khaeruddin, K. 2021. Guided inquiry learning model: how does it influence students'achievement?. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 55-59.

Rini, R., & Nurazmi, N. 2020. An Analysis of Retention Viewed from Physics Outcomes of Students in Class XI MIPA SMA Negeri 1 Takalar. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 201-210.

Sanjaya W, 2008. Kuirkulum dan Pembelajaran. Jakarta : Prenamedia Group.

Smits, L.G.A.D.P., Taconic, R., dan Jochems,W.M.G. (2011). Mapping Context- Based Learning Environments: The Contruction of an Instrument. Learning Envion Res (2013). 16:437-462.

Tao, L., Tang, Y., Zhu, MY.,Zhu, YQ., 2011. Application of case-based learning in clinical practice of dental students. Europe PubMed Central. Vol. 20. PP: 209-212. DOI 10.1111/j.1365- 2929.2005.02107.

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konsruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yanuarta, L., Gofur, A., & Indriwati, E. 2016. Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Think Talk Write Dipadu Problem Based Learning. Proceeding Biology Education, 13(1), 268-271

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Nurcahya Kasmiryanti Ar, S. ., Sindi, Nurazmi, & Ratte Misa, Y. . (2024). Case Based Learning Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(2), 232–241. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i2.878