UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECEHAN SEDEHANA MELALUI MEDIA KARTU PECAHAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 30 SUMPANG BITA
DOI:
https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.596Kata Kunci:
Hasil Belajar, Media Kartu Pecahan, Pembelajaran MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada pecahan sederhana melalui media kartu pecahan kelas III di SDN 30 Sumpang byte. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas berbasis kelas. Subyek penelitian ini adalah 14 siswa kelas III UPTD SD NEGERI 30 Sumpabita, dimana jumlah keseluruhan siswa adalah 6 perempuan dan 8 laki-laki. Pelaksanaan P2K dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus berlangsung selama 2 kali pertemuan proses belajar mengajar dan setiap pertemuan kedua diadakan tes hasil evaluasi pembelajaran. Tempat pelaksanaan dalam kegiatan penelitian ini adalah UPTD SD NEGERI 30 sumpabita yang beralamat di Desa Balocci Baru Kec. balocchi Kab. Kemasan. Pada siklus I aktivitas guru dalam pembelajaran menggunakan media kartu pecahan mencapai 73,3%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 68% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 83,3%. Sehingga keaktifan guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan media kartu pecahan mengalami peningkatan dan mencapai target lebih dari 75% dengan predikat sangat baik yaitu berhasil.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Kartu PecahanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada pecahan sederhana melalui media kartu pecahan kelas III di SDN 30 Sumpang byte. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas berbasis kelas. Subyek penelitian ini adalah 14 siswa kelas III UPTD SD NEGERI 30 Sumpabita, dimana jumlah keseluruhan siswa adalah 6 perempuan dan 8 laki-laki. Pelaksanaan P2K dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus berlangsung selama 2 kali pertemuan proses belajar mengajar dan setiap pertemuan kedua diadakan tes hasil evaluasi pembelajaran. Tempat pelaksanaan dalam kegiatan penelitian ini adalah UPTD SD NEGERI 30 sumpabita yang beralamat di Desa Balocci Baru Kec. balocchi Kab. Kemasan. Pada siklus I aktivitas guru dalam pembelajaran menggunakan media kartu pecahan mencapai 73,3%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 68% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 83,3%. Sehingga keaktifan guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan media kartu pecahan mengalami peningkatan dan mencapai target lebih dari 75% dengan predikat sangat baik yaitu berhasil.
Unduhan
Referensi
Dahrim. (1991). Materi Pokok Pendidikan Matematika 2. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Erawati, D. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan Melalui Media Kartu Pecahan di Kelas III SD Negeri Kyai Mojo .Journal.uny.ac.id (Diakses 15 November 2017)
Fadlilah, U.L. (2016). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Alat Peraga Blok Pecahan di Kelas V SD N Balangan 1 Minggir Sleman Yogyakarta. Journal.uny.ac.id (Diakses 27 November 2017)
FaGinnis, Paul. 2008. Trik dan Taktik Mengajar (Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas). Jakarta. PT. Indeks
Heruman. (2016). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya Kartika, R.(2012). Kajian Kemanfaatan Alat Peraga. Diakses Melalui http://cahayasangbintang.blogspot.co.id/2012/03/kajian-kemanfaatan-alat- perga.html. Pada Tanggal 30 November 2017 Pukul 12.30.
Lentera (2011). Pembelajaran Matematika di SD. Diakses melalui http://lenterakecil.com/pembelajaran- matematika-di-sekolah-dasar/. Padatanggal 29 Januari 2015 pukul 15.00 WIB.
Muhsetyo, G., dkk.(2008). Pembelajaran Matematika SD.Jakarta: UniversitasTerbuka. Purwanto.(2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shamsudin, Baharin. (2002). Kamus Matematika Bergambar untuk Sekolah Dasar.Jakarta: Grasindo.
Subarinah, S.(2006). Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Sudjana, N.(2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Tirtonegoro, S. (2001). Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta:Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.