Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.630Kata Kunci:
Discovery Learning, Hasil Belajar, SiklusAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan guna meningkatkan hasil studi Bahasa Inggris anak didik lewat aplikasi acuan pembelajaran discovery learning kelas XII AKL 2 SMK Negeri 1 Pangkep tahun ajaran 2021/2022. Pengkajian ini dilakukan pada semester I (ganjil). Waktu aktualisasi pengkajian ini yakni dimulai bulan Agustus hingga Oktober tahun 2022 dari perancangan, aktualisasi pengkajian dan pengerjaan laporan. Subjek pengkajian ini yaitu murid kelas XII AKL 1 SMK Negeri 1 Pangkep sebanyak 32 murid. Mekanisme penelitian ini mengaplikasikan skema pengkajian aktivitas kelas yang dilangsungkan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengkajian ini yaitu mengaplikasikan observasi aktivitas pengajar dalam melakukan pembelajaran, observasi aktivitas anak didik dalam pembelajaran dan tes hasil studi murid. Hasil pengkajian membuktikan pada siklus I persentase ketuntasan klasikal hasil studi murid sebesar 81,25%, sedangkan pada siklus II sebesar 93,75%, mengalami kenaikan sebesar 12,5%. Sehingga bisa disimpulkan bahwa implementasi acuan pembelajaran discovery learning mampu menaikkan hasil studi bahasa inggris murid kelas XII AKL 2 SMK Negeri 1 Pangkep.
Unduhan
Referensi
Arika, Istiana,Galuh, Agung Nugroho dan J.S Sukardjo. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi BelajarPokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas Xi Ipa Semester II Sma Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, Universitas Sebelas Maret. Volume 4, Nomor 2, hal.67
Crystal, David. 2003. The Cambridge Encyclopedia of Language. Cambridge: Cambridge University Press.
Depdiknas. 2005. Pembinaan Profesionalisme Tenaga pengajar (PengembanganProfesionalisme Guru). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Ghalia Indonesia
Jufri, A.(2010). Penelitian Tindakan Kelas: Antara Teori Dan Praktek. JurnalPijarMipa, 5(2). https://doi.org/10.29303/jpm.v5i2.166
Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jogjakarta: Pilar Media.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. (2014). Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Nurhayati, S. (2022). PenerapanMetode Wide Game UntukMeningkatkanKeaktifan Dan Hasil BelajarSiswaKelas Iv Sekolah Dasar (TesisSarjanan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung) Diterimadarihttp://repository.upi.edu/86730/
Salmi, S. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas xii ips. 2 sma negeri 13 palembang. Jurnal profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 1-16.
Salmon, A. et al. 2012. Belajar dan Pembelajaran Matematika Model Pembelajaran Discovery Learning. Makalah Universitas Patimura Ambon: tidak diterbitkan.
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: KencanaPrenada Media Group.
Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi PembelajaranTeori&Aplikasi.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk)Solusi AlternatifProblematikaPembelajaran. JurnalIlmiahEdunomika, 2(1), 36-46
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Widyastuti, Ellyza Sri. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Konsep Ilmu Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015, Universitas Negeri Surabaya, hal.34
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.