Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Al-Jazari SMA Negeri 2 Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i3.722Kata Kunci:
Hasil belajar, metode discovery learning, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada materi Bahasa Indonesia rendah. Untuk merespon hal itu, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini antara lain: (1) megetahui pelaksanaan metode discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode discovery learning pada siswa.Penelitian ini dilakukan pada kelas XI IPA JAZ SMA Negeri 2 Pangkep dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Penelitian ini mengukur seluruh ranah yang ada pada hasil belajar, yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap ranah ditiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar pada siklus I dan II. Pada siklus I, masih ada 8 atau 27, 59 persen siswa yang tidak lulus KKM dan 20 atau 72,41 persen siswa lulus KKM 72 dengan rata-rata hasil belajar siswa 77,39. Meningkat pada siklus II semua siswa lulus KKM dengan rata-rata nilai 86,61.Dengan metode discovery learning siswa mendapatkan pengalaman belajar secara langsung agar siswa aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Maesaroh. 2013. Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan PrestasI Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1, Noember 2013. Tersedia di https://media.neliti.com/media/publication/104663-ID-Peranan-metode-pembelajaran-terhadap-min,pdf .
Setijono, Djoko Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas VIII.D SMP N 9 Muaro Jambi Semester I Tahun Ajaran 2019/2020 (Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(1), April 2021, 96-101 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi (Online) https://media.neliti.com/media/publications/458659-none-e00c7224.pdf.
Usman, Husaini dan Purnomo Setiadi Akbar. 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Edisi kedua. Jakata : Bumi Aksara.
Wikanengsih dkk . Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek dengan Menggunakan Adobe Flash (Improving Short Story Text Writing Skills Using Adobe Flash) Vol. 6, No. 2, Juli 2021, 262 – 272 http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/
Yasir, Muhammad. 2017. Pengaruh Metode dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Program Studi Teknik Industri FTMIPA Universitas Indraprasta PGRI. Tersedia di https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/download/1516/1422
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.