Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Pada Materi Gejala Sosial Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa kelas X SMA Negeri 2 Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.56983/gps.v1i3.620Kata Kunci:
Mata Pelajaran Sosiologi, Discovery Learning, Hasil BelajarAbstrak
SMA Negeri 2 Pangkep kelas X, siswa tidak dapat memahami materi dengan baik dan siswa mudah bosan dengan pembelajaran karena penggunan metode yang diterapkan oleh guru, yaitu penggunan metode ceramah. Hal ini yang menyebabkan siswa tidak memahami materi yang di sampaikan oleh guru. Peneliti akan meneprakan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan keaktifan dan kempuan siswa dalam memahami pembelajaran. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana penelitian ini berfokus pada pengajaran guru dan perkembangan siswa mereka di dalam kelas. Pendekatan sistematis yang digunakan dalam memecahkan masalah dalam kehidupan profesional dan meningkatkan praktik kelas. Objek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam memahami materi melalui metode Discopery Learning di kelas X IPS SMA Negeri 2 Pangkep.Dari data yang diperoleh setelah perlakuan dapat ditunjukkan bahwa pada siklus I ada beberapa peserta didik yang belum tuntas sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sehingga peserta didik tuntas semua. Dengan melihat dari persentase ketuntasan belajar tersebut mengalami peningkatan.Dari hasil observasi dan evaluasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dibuktikan pada analisis Ulangan Harian peserta didik yakni pada siklus I persentase ketuntasan peserta didik hanya 20,00% dengan skor rata-rata 64,65. Sementara pada siklus II meningkat dengan presentasi ketuntasan peserta didik mencapai 90,00% dengan skor rata-rata 90,00.
Unduhan
Referensi
Ahmad, S. (2012). Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Ciputat Press.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Karwono, H. M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Oemar, H. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Syaiful Bahri Djamarah, A. Z. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Widoyoko, E. P. (2016). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.