PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGANALISIS FAKTOR-FAKTOR MEMPENGARUHI INTERAKSI SOSIAL SMAN 3 PANGKEP
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v3i1.803Kata Kunci:
Discovery learning, Penelitian tindakan kelas, Interaksi sosialAbstrak
Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan didalam kelas sangat berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh seorang guru, namun faktanya banyak guru yang dalam proses mengajarnya tidak menyesuaikan metode pembelajaran dengan materi yang disampaikan hasilnya banyak siswa yang tidak memahami materi yang disampaikan tersebut. Dalam penelitian ini penulis mencoba untuk menyesuaikan metode pembelajaran dengan materi yang disampaikan yaitu penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam upaya meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial SMAN 3 pangkep. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa persentase pemahaman siswa berdasarkan capaian nilai kriteria ketuntasan minimal pada siklus I sebanyak 51,4%, siklus II sebesar 60%. Peningkatan pemahaman siswa yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 8,6% . Selain itu, aktivitas belajar siswa yang tergambar dalam keaktifan siswa bertanya jawab pada siklus I sebesar 65,6%, untuk siklus II sebesar 77,1% . Peningkatan aktivitas belajar siswa yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 11,5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran sosiologi kelas X IPS 1 SMAN 3 Pangkep
Unduhan
Referensi
Asrini, N. W. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check. Journal of Education Action Research, 4(3),
-344.
Naibaho, D., P., & Fitriyah, L. (2019). Media Monopoli Tematik Berbasis QR Code Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Organ Gerak. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidkan Dasar Nasional, 1(1), 86-92.
Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67-84.
Uno, H. B. 92022). Landasarn Pendidikan. Bumi Aksara
Kebudayaan, K. P. D. (2013). Model pembelajaran penemuan (discovery learning)
Muhammad, N. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk meningkatkan representasi matematis dan percaya diri siswa. Jurnal pendididikan UNIGA, 10 (1) 9-22. Pembelajaran matematika. Jurnal kependidikan: penelitian inovasi pembelajaran, 42(1).
Yuliana, N. (2018) Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, 2(1)
Hamalik, Oemar. 2017. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara
Kemendikbud. 19 Maret 2020. Negatif Covid-19, Mendikbud Ajak Masyarakat Lakukan Pembatasan Sosial
Tirtarahardja, Umar Dan Sulo. 2017. Pengantar Pendidikan. Jakarta. Rieneka Cipta
Maulid. (2021). Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII melalui metode guided discovery learning. DIDAKTIKA: jurnal pemikiran pendidikan, 27(2), 114-127
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.