Penerapan Metode Driil Method Dan Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kreatifitas Berkarya Seni Rupa Siswa Kelas X SMAN 3 Pangkep

Penulis

  • Raodahtul Jannah Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Hajra Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Nasir Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Luthfia Wardan. AH Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i3.714

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Driil Method Dan Demonstrasi, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas siswa dengan menerapkan metode driil method dan demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan siklus yang terdiri dari lima kali pertemuan, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Pangkep pada kelas X Tahun Pelajaran 2021/2022. Jumlah keseluruhan siswa sebanyak 108 siswa diantaranya 67 siswa perempuan dan 41 siswa laki-laki Teknik pengumpulan data dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian melalui Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukkan bahwa setelah mengaplikasikan metode ekspresi bebas, terjadi perubahan positif dan signifikan yaitu siswa lebih tertarik untuk belajar meningkatkan kualitas pengkaryaan seni rupa dalam seni budaya.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akib Erwin, dkk., 2021. Buku Panduan Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Makassar, FKIP Unimuh Makassar.

Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : Andi

Eko, Ras. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). (Online).(http://ras-eko.blogspot.com).Diakses23 Maret 2022.

Istarani, 58Model Pembelajaran Inovati f(Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran) .(Medan: Media Persada, 2011), hlm. 1.

NoviyanaSari,Maryatun.2015.“Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Hasil TahunPelajaran2015/2016”(https://media.neliti.com)

Rusyana, Y. 2000. Tujuan Pendidikan Seni. Gelar: Jurnal Ilmu dan Seni STSI Surakarta: STSI Press.

Rothwell, W.J., 1996. Beyond Training and Developmen state of the art Strategies for Enhancing Human Performance. New York : Amacom

Susanto, Ahmad. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Winkel, W S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-25

Cara Mengutip

Jannah, R., Hajra, Nasir, & Wardan. AH, L. (2024). Penerapan Metode Driil Method Dan Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kreatifitas Berkarya Seni Rupa Siswa Kelas X SMAN 3 Pangkep . Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(3), 386–396. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i3.714